POPULAR STORIES

Gunakan Mesin Baru, Husqvarna Svartpilen 401 Dan Vitpilen 401 Resmi Meluncur

Gunakan Mesin Baru, Husqvarna Svartpilen 401 dan Vitpilen 401 Resmi Meluncur Husqvarna Svartpilen 401

KabarOto.com -Produsen sepeda motor asal Swedia, Husqvarna secara resmi meluncurkan Svartpilen 401 dan Vitpilen 401. Hal ini sejalan dengan updatenya produk baru dari KTM.

Secara teknis, Husqvarna merupakan salah satu perusahaan yang berada di bawah payung KTM AG, dan memiliki hubungan langsung dengan merek global KTM, serta pabrikan motorcross Spanyol Gas Gas. Tak heran, mayoritas platform berasal dari dua pabrikan tersebut.

Baca Juga : Husqvarna Norden 901 Expedition 2023, Siap Berpetualang

Memiliki karakteristik serupa, Husqvarna Svartpilen 401 dan Vitpilen 401 akan menggunakan platform update serupa dengan KTM 390 Duke, seperti dilansir Motorcycle.

Pembaruan pada motor meliputi mesin satu silinder 399 cc yang telah ditingkatkan. Jantung pacu tersebut menggantikan mesin 373 cc dari model sebelumnya, karena terdapat kepala silinder baru yang lebih kecil dengan penutup katup yang lebih besar.

Selain itu, gasket penutup katup dibuat lebih sederhana untuk memudahkan perawatan, serta tersedia sistem pendingin yang lebih efisien karena distribusi bahan bakar dan kotak udara telah dirombak total.

Dengan bahan ini, bobot mesin dan kinerja mesin secara keseluruhan akan lebih baik. Terkait tenaga, mesin baru tersebut mampu menyeburkan daya hingga 44,3 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 39 Nm pada 6.750 rpm, dibandingkan mesin sebelumnya, yakni 43 dk pada 8.000 rpm dan torsi 37 Nm pada 7.000 rpm.

Kedua model juga hadir dengan sistem pembuangan baru dan dilengkapi dengan paket elektronik canggih. Selain memiliki sistem akselerator elektronik dengan 2 mode berkendara Street dan Rain, motor ini juga mendapatkan sistem Traction Control 3 tingkat. Hal ini membuat fungsi batas kecepatan berfungsi sebagai sistem Cruise Control dan terlihat pada tampilan layar baru.

Baca Juga : KTM Husqvarna Premium Motorindo Abadi (PMA) Umumkan Program di IIMS 2023

Muncul dengan layar warna TFT 5 inci, Husqvarna Svartpilen 401 dan Vitpilen 401 juga dilengkapi konektivitas smartphone dan navigasi.

Menambah kenyamanan, sistem pengereman motor dilengkapi dengan kaliper radial empat piston ByBre dan cakram 320 mm di bagian depan. Tersedia juga cakram tunggal 240 mm dengan kaliper dua piston di bagian belakang, serta ABS Dual-Channel Bosch 9.3MP dengan Cornering ABS dan Supermoto ABS.

Husqvarna Vitpilen 401 dan Svartpilen 401 akan mulai djual pada Maret 2024. Meski telah memastikan kehadiran produk barunya, pabrikan belum mengumumkan harga jual resmi kendaraan untuk pasar Eropa dan Amerika Utara.