POPULAR STORIES

GUSS Automation Hadirkan Kendaraan Robot Otonom Di Perkebunan

GUSS Automation Hadirkan Kendaraan Robot Otonom di Perkebunan Foto: Guss Automation

KabarOto.com - Masa depan menjadi eranya kendaraan modern, salah satunya di area perkebunan dengan hadirnya kendaraan robot otonom yang bertugas melakukan penyemprotan tanaman. GUSS Automation hadirkan kendaraan robot otonom khusus untuk meringankan tugas perkebunan para petani.

Diproduksi oleh startup GUSS Automation yang berbasis di California (GUSS adalah singkatan dari Global Unmanned Spray System), penyemprot ini terlihat seperti kendaraan antariksa.

Kendaraan bertenaga diesel berpenggerak 4 roda ini berjalan naik turun di deretan pohon di kebun buah-buahan, secara selektif menggunakan herbisida dari tangki baja tahan karat berukuran 2.271 liter onboard melalui semprotan dengan tinggi/lebar yang dapat disesuaikan.

Baca juga: Honda Siapkan Mobil Listrik Otonom, Dilengkapi Playstation 5

Kendaraan GUSS dipandu oleh GPS, LiDAR, dan kamera optik, dikombinasikan dengan peta kebun buah yang telah diprogram sebelumnya di komputer. Penyiapan ini memungkinkan kendaraan mengetahui lokasinya di dalam kebun, sekaligus menghindari rintangan dan tetap berada di antara barisan. Saat mencapai akhir setiap baris, sistem kemudi empat rodanya membantu berbelok tajam untuk menuju baris berikutnya.

Sensor kendaraan juga memungkinkannya menemukan gulma individu di antara baris dan di antara pohon, sehingga dapat menggunakan herbisida hanya jika diperlukan. Akibatnya, hanya lebih sedikit herbisida digunakan, tetapi petani juga dapat menghemat biaya dengan tidak terlalu banyak membeli herbisida.

Baca juga: Nvidia Siap Menjadi Otak Dari Mobil Otonom

Meskipun kendaraa GUSS bersifat otonom, operator manusia masih memantau perkembangannya melalui laptop, satu orang dapat secara bersamaan melacak hingga delapan kendaraan terpisah yang terhubung ke jaringan seluler dengan cara ini. Jika masalah terdeteksi, peringatan dasbor menunjukkan lokasi penyemprot yang dikerjakan.

Saat operator tiba di tempat tersebut, mereka mengenakan rompi khusus yang berkomunikasi secara nirkabel dengan kendaraan, menjaganya agar tidak bergerak atau menyemprot. Meskipun demikian, kendaraan GUSS juga dapat dikendalikan dari jarak jauh, yang berguna untuk tugas-tugas seperti memuatnya ke truk bak datar atau menggantungnya saat tidak digunakan.

Berita Terkait

Berita Terkait