Hadapi Puncak Arus Mudik, Ini Yang Dilakukan Kemenhub

Hadapi Puncak Arus Mudik, Ini yang Dilakukan Kemenhub Rekayasa lalu lintas akan diterapkan jelang arus puncak mudik Lebaran 2022 (Foto: KO)

KabarOto.com - Pada hari ini (28/04), diprediksi akan menjadi arus puncak mudik Lebaran 2022. Lalu apa yang dipersiapkan oleh Kementerian Perhubungan untuk menghadapi arus puncak mudik yang terjadi hingga 1 Mei 2022?

Di antaranya adalah dengan melakukan rekayasa lalu lintas. Hal itu dikatakan Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan "Seperti yang sering disampaikan melalui Menteri Perhubungan maupun Kakorlantas, untuk kepadatan pengguna jalan akan diberlakukan rekayasa yang akan dilakukan," terangnya, Rabu kemarin (27/04).

Baca juga: Honda Siagakan 73 Bengkel Selama Mudik Lebaran

Gerbang tol diprediksi menjadi titik kemacetan (Foto: KO)

Rekayasa lalu lintas yang dimaksud adalah memberlakukan ganjil genap, contra flow, one way, hingga dilarang masuknya truk sumbu tiga ke area tol. "Uji coba rekayasa lalu lintas sudah dilakukan pada 25 sampai 27 April 2022. Tanggal 28 April sampai 1 Mei akan dilakukan rekayasa lalu lintas," tambahnya lagi.

Baca Juga: Toyota Gelar 302 Titik Pelayanan Servis Di Jalur Mudik Lebaran 2022

Rekayasa lalu lintas yang disebutkan tadi, akan diberlakukan sesuai dengan diskresi dari Kepolisian. Polisi akan melihat situasi yang ada di lapangan, rekayasa apa yang akan dilakukan.

"Semakin besar volume, besar potensi kemacetan yang terjadi, tentu rekayasa juga akan makin bervariasi. Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Polri akan melakukan rekayasa lalu linta ganjil genap dan one way," tutup Adita Irawati.

Bagi yang akan mudik, Aditya menyarankan untuk mempersiapkan diri dan mengupdate informasi tentang rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan. Sehingga tidak menemukan masalah di jalan yang menganggu perjalanan.