POPULAR STORIES

Hal Harus Diperhatikan Ketika Memiliki Daihatsu All New Xenia R 1.5 ASA

Hal Harus Diperhatikan Ketika Memiliki Daihatsu All New Xenia R 1.5 ASA Foto : KabarOto

KabarOto.com - Setiap mobil pasti tidak ada yang sempurna, begitu juga Daihatsu All New Xenia R 1.5 ASA walau harganya terjangkau, fiturnya pun banyak, muat angkut banyak keluarga, tapi tetap ada beberapa poin kekurangan di mobil ini.

Hal paling jadi perhatian kami adalah peredaman kabin yang kurang. Hal ini langsung kami sadar ketika menutup pintu, terasa suara saat menutup pintu bantingannya terasa kencang, dan suaranya cukup nyaring.

Cover bagian inner fender tidak ada peredaman.

Selain itu jika kita membuka bagian kap mesin, kita dapat melihat secara langsung cover inner fender yang tidak memiliki peredaman sama sekali, bahannya pun berupa plastik yang tidak terlalu tebal.

Baca Juga : Mengenal Fitur ASA Di Daihatsu All New Xenia R CVT

Alhasil ketika kita coba di jalan tol, atau jalan beton, suara dari angin dan jalan cukup terasa bising. Begitu juga saat menghadapi kondisi ketika harus kick down, maka raungan mesinnya pun terasa cukup masuk ke kabin. Ini kemungkian karena peredaman pada kabin depan ke mesin (fire wakk), kurang maksimal.

Performa mesin 2NR, dengan konfigurasi 4 silinder, DOHC, Dual VVTI berkapasitas 1.500 cc, punya tenaga 106 dk dan torsi maksimal 138 Nm. Tenaga itu lantas disambung ke transmisi CVT lengkap fitur triptonik, dengan penggerak roda depan.

Baca Juga : Test Drive Daihatsu All New Xenia 1.5 R ASA, Jajal Hingga Luar Kota Jakarta

Tenaga tersebut terasa cukup saat di dalam kota yang stop and go. Namun ketika kita melewati jalan tol, atau menanjak, dan harus menyalip, maka itu masalahnya. Tenaga 106 dk terasa kurang responsif, butuh injakan pedal gas dalam, tapi walau putaran mesin sudah naik, laju mobil cukup lama bertambah, terasa ada jeda sepersekian detik untuk mencapai kecepatan ideal menyalip.

Kondisi ini sebenarnya cukup berbahaya, sebab tanpa perhitungan yang tepat untuk waktu menyalip dan kecepatannya, hal itu bisa membahayakan diri sendiri dan pengemudi lain. Namun sekali lagi, kembali ke pengemudinya jika memang sudah cukup mahir, mobil ini memang cocok untuk keluarga, mulai dari itur yang diberikan komplet, nyaman hingga baris ketiga, praktis, mudah dalam perawatannya, dan harga terjangkau di bawah Rp 300 jutaan untuk LMPV 7 seater selengkap ini.