POPULAR STORIES

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Melewati Underpass

Hal yang Harus Dilakukan Saat Melewati Underpass Pengemudi mobil harus waspada saat melewati underpass (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Jangan sampai salah kaprah menggunakan sarana underpass, karena selain bisa membahayakan dan melanggar hukum, juga dapat mengganggu pengemudi lain.

Sobat KabarOto wajib mengetahui tips mengemudi yang taat peraturan, dan aman di dalam underpass.

1. Fokus dan Waspada

Jalan masuk menurun dan penerangan yang berbeda dari luar, membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Mengikuti rute jalan di atasnya, ada underpass yang menikung, baik saat masuk-keluar atau berada di dalamnya, sehingga pengemudi tidak boleh lengah.

2. Kurangi Kecepatan Mobil

Biasanya akan ada rambu batas kecepatan tertinggi, sebelum memasuki underpass. Ikuti aturan tersebut dengan mengurangi kecepatan mobil.

Jika tidak ada, kurangi kecepatan hingga batas yang dianggap aman. "Jangan terlalu cepat, karena terowongan tersebut dibatasi langsung oleh tembok beton, sehingga tidak ada run-off area," ujar Nur Imansyah Tara selaku Aftersales Business Division Head Auto2000.

3. Waspada Penerangan Underpass

Perbedaan intensitas cahaya akan sangat terasa saat melewati underpass di siang hari, mengingat mata manusia membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: Nih, Cara Ketahui Oli Toyota Motor Oil Yang Asli Dan Palsu

Apalagi kalau ternyata penerangan di dalamnya juga minim. Sobat bisa menyalakan lampu senja, atau lampu utama sebelum masuk underpass, untuk membantu penerangan.

4. Dilarang Berhenti Kecuali Darurat

Kecuali mobil dalam masalah, dilarang berhenti di dalam underpass. Kondisi jalan yang minim penerangan dan sempit dengan bahu jalan terbatas, membuat kendaraan lain akan kesulitan melintas, bahkan berisiko ditabrak dari belakang.

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Ini Cara Merawat Jok Motor

Segera nyalakan lampu hazard saat mobil bermasalah, dan panggil layanan darurat untuk membantu mengatasinya.

5. Dilarang Mendahului di Dalam Underpass

Sama dengan larangan berhenti, Sobat tidak boleh mendahului kendaraan lain di dalam underpass mengingat keterbatasannya, termasuk di underpass dengan beberapa lajur jalan.

Maka dari itu, di dalam terowongan tersebut, marka jalan selalu dalam bentuk garis tidak putus-putus. Patuhi rambu dan marka jalan demi keamanan bersama.