POPULAR STORIES

Nih, Cara Ketahui Oli Toyota Motor Oil Yang Asli Dan Palsu

Nih, Cara Ketahui Oli Toyota Motor Oil yang Asli dan Palsu Oli TMO (Toyota)

KabarOto.com - Toyota Astra Motor (TAM) melakukan improvement terhadap pelumas Toyota Motor Oil (TMO) dengan memperkenalkan fitur baru pada botol kemasan oli TMO. Fitur baru itu adalah TMO QR Code Anticounterfeit. Sehingga, para pelanggan dengan mudah bisa mengecek sendiri keaslian oli TMO.

Hadirnya fitur TMO QR Code Anticounterfeit dilatarbelakangi oleh kondisi di tengah masyarakat akhir-akhir ini, di mana peredaran oli palsu meningkat dan semakin meluas di pasaran.

Baca Juga: Pelumas Motul 8100 Power Resmi Diluncurkan Secara Global

Konsumen diharapkan semakin waspada terhadap oli palsu. Apalagi jika pada tutup botolnya atau kondisi kemasannya tidak baik seperti retak, rusak, kasar dan kurang rapi.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menyebutkan oli palsu merugikan konsumen, karena bisa merusak mesin kendaraan seperti gampang muncul endapan, perlindungan terhadap panas tidak optimal, dan lain-lain.

“Ini kami lakukan karena Toyota mempunyai komitmen yang kuat dalam memberikan total ownership experience dan ketenangan kepada pelanggan,” ujar Anton, hari ini (18/01).

Untuk fitur QR Code Anticounterfeit ini tersedia di TMO yang dipasarkan baik di seluruh jaringan resmi Toyota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta juga di jaringan di luar Toyota seperti toko spareparts.

Pengecekan keaslian oli TMO dapat dilakukan dengan cara scan QR Code di seal aluminium tutup botol TMO melalui handphone. Ada 3 informasi yang akan didapatkan oleh pelanggan melalui fitur ini, yaitu:

· Informasi mendapatkan produk asli (genuine)

· Informasi produk telah di-scan 1x (potensi pemalsuan)

· Informasi produk tidak dikenali (potensi pemalsuan)

Selain itu, pelanggan juga bisa mengecek keaslian TMO dengan metode 4C (Congkel, Cabut, Copot, Cek).

Dengan metode ini, konsumen turut berkontribusi dalam mengurangi peredaran produk palsu yang modusnya penggunaan ulang kemasan karena pelanggan harus merusak kemasan tutup botol.

Baca Juga: Jangan Salah, Kenali Jenis Pelumas Kendaraan Berdasarkan Fungsinya

Cara metode 4C adalah sebagai berikut:

· Congkel segel tutup botol TMO, Anda bisa menggunakan obeng kecil

· Cabut penutup plastik tutup botol TMO

· Copot kepingan kertas pelindung seal aluminium TMO

· Cek kode QR yang tercetak di seal aluminium tutup botol TMO

Setelah memindai kode QR di seal aluminium botol TMO, lalu akan diarahkan ke website tmo.toyota.astra.co.id.

Berikutnya, pada produk asli oli TMO, konsumen akan mendapatkan informasi telah melakukan scan QR Code untuk kali pertama, yang artinya produk oli itu asli dari pabrik dan tidak pernah dibuka sebelumnya.

Untuk memastikan keamanan produk, kemasan TMO juga menerapkan sistem ratchet & snap, yakni tutup botol dan botol menyatu untuk mencegah penggunaan kembali.