POPULAR STORIES

Hankook Sukses Menggelar CSR Pertamanya Di 2019

Hankook Sukses Menggelar CSR Pertamanya di 2019 Pabrik ban Hankook di Karawang (KO/Edo)

KabarOto.com - Produsen ban asal Korea Selatan, Hankook Tire, baru saja mengawali program CSR-nya di tahun 2019, dengan melaksanakan program Meal Assistance di Kampung Muara Bahari, Jakarta Utara (29/03/2019).

Kegiatan tersebut dilakukan dengan menggandeng yayasan Happy Center dan sejumlah relawan. Menariknya, dalam kegiatan itu karyawan Hankook Tire Indonesia terjun langsung memasak dan membagikan 700 paket makanan kepada masyarakat kurang mampu di sekitar Muara Bahari, yang telah menjadi shelter binaan Hankook.

Baca Juga: Produk Ban Hankook Sabet Tiga Penghargaan Dalam Hal Desain

Program ini juga merupakan sebagai upaya pemenuhan gizi bagi masyarakat, utamanya bagi siswa binaan di shelter. "Bagi Hankook Tire, program CSR yang dijalankan harus bisa memberikan manfaat bagi berbagai pihak baik masyarakat yang dituju, maupun internal perusahaan," kata Ade Mahendra, Humas dan CSR PT Hankook Tire Indonesia.

Pembagian paket makanan

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa program Meal Assistance ini sengaja melibatkan karyawan Hankook sebagai relawan, agar mereka dapat merasakan secara langsung manfaat dari program CSR tersebut, sehingga tumbuh rasa kepemilikan terhadap perusahaan.

Meal Assistant Program sendiri telah berlangsung sejak tahun 2017. Dalam jangka panjang, program CSR yang dijalankan perusahaan tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat tetapi juga bagi internal perusahaan khususnya karyawan.

Lokasi penyaluran makanan di Kampung Muara Bahari adalah salah satu shelter yang dibina oleh Hankook Tire Indonesia bersama Yayasan Happy Center. Shelter ini berfungsi untuk penyediaan sarana edukasi untuk anak-anak di pemukiman sekitar yang sulit mendapatkan akses pendidikan karena terhalang jarak maupun biaya.

Dilaksanakan selama tiga hari dalam seminggu, program Meal Assistance dijadikan sebagai dukungan asupan gizi dan kesehatan bagi siswa binaan shelter dalam kegiatan belajar dan aktifitas sehari-hari. Tujuannya adalah mendorong kesejahteraan para siswa melalui program pendidikan dan kesehatan secara berkesinambungan.

Ade menambahkan, "Kegiatan ini dimulai dari memasak di pagi hari bersama Happy Center dan karyawan kami, kemudian berangkat ke titik penyaluran di Jakarta Utara pada siang hari. Kami membagikan di titik penyaluran sebelum siswa melaksanakan kegiatan belajar agar perut mereka terisi dan dapat fokus dalam menerima ilmu. Kami juga membagikan makanan ke masyarakat yang kurang mampu di pemukiman sekitar shelter."

Baca Juga: Canggih! Hankook Kembangkan Ban Yang Dapat Menyesuaikan Kontur Jalan

Selain program ini, Hankook Tire juga akan melaksanakan berbagai program CSR yang terbagi dalam beberapa aspek. Dalam aspek kesehatan dan lingkungan, perusahaan akan mengadakan pengobatan gratis, penyaluran air bersih, kampanye hidup bersih bagi siswa.

Di bidang pengembangan manusia, beberapa program CSR pendidikan dilakukan oleh perusahaan seperti kursus bahasa Korea, pelatihan safety education, dan beasiswa. Selain itu beberapa aspek lain yang diliput dalam CSR Hankook Tire Indonesia adalah aspek budaya dan aspek strategis bagi masyarakat.