POPULAR STORIES

Canggih! Hankook Kembangkan Ban Yang Dapat Menyesuaikan Kontur Jalan

Canggih! Hankook Kembangkan Ban yang Dapat Menyesuaikan Kontur Jalan Hankook Transforming Tire (ist)

KabarOto.com - Hankook Tire produsen ban asal Korea Selatan, dikabarkan sedang mengembangkan ban berteknologi canggih yang belum pernah ada sebelumny. Hal itu terungkap setelah Hankook merilis video 'Transforming Tire'.

Ban Transforming Tire tersebut juga sebagai output keempat dari proyek 'The Next Driving Lab’, yang menunjukkan komitmen Hankook Tire secara inovatif mengembangan pola berkendara masa depan.

Baca Juga: Hankook Gandeng Brand Fashion Peaches, Untuk Mengembangkan Ban Barunya

Canggihnya, ban ini mampu mengubah bentuk untuk menyesuaikan dengan berbagai kondisi jalan. Proyek ini dimulai dengan mendobrak stereotipe bentuk ban yang tidak pernah berubah semenjak awal mula penemuan ban.

Permukaannya dapat berubah sesuai kebutuhan

Hingga kini, ban hanya dirancang untuk memungkinkan variasi dalam bentuk tapak dan kerataan (rasio tinggi dan lebar ban). lalu juga untuk mengukur performa yang menyesuaikan permukaan jalan, perubahan iklim dan pengoperasian, sesuai dengan bentuk lingkaran aslinya.

Untuk itu Hankook menilai, Transforming Tire ini sebagai perwujudan nilai leadership and innovative Hankook Tire untuk mewujudkan pengalaman berkendara yang lebih baik.

"Tranforming Tire diawali dengan pertanyaan: mengapa sebuah ban harus mempertahankan satu bentuk? Kampanye The Next Driving Lab kami yang sukses akan menjadi kesempatan baik untuk menunjukkan DNA inovatif Hankook Tire yang senantiasa mendobrak batasan-batasan dalam ban," kata Mr. Seungbin Lim, Senior Vice President Hankook Tire Marketing Division.

Teknologi canggih yang belum pernah ada sebelumnya

Dalam mengembangkan Transforming Tire, Hankook berkolaborasi dengan Lab BioRobotics milik Profesor Kyu-Jin Cho dari Departemen Teknik Mekanis dan Kedirgantaraan, Seoul National University yang pernah menjadi juara 1 pada ajang RoboSoft Grand Challenge 2016.

Dalam kolaborasi tersebut, Hankook Tire dan BioRobotics Lab mengembangkan ban variable-type yang mampu mengubah bentuknya sehingga lebih stabil dalam kecepatan tinggi pada berbagai permukaan jalan.

Proyek ‘The Next Driving Lab’ sendiri adalah sebuah kampanye yang menantang dan inovatif dengan slogan ‘Who Creates the Driving?’. Proyek ini pernah memperkenalkan ‘Digital Creative Car’ sebagai proyek pertamanya di tahun 2013, di pusat kota Seoul.

Baca Juga: Tak Hanya Mobil Penumpang, Hankook Juga Rilis Ban Untuk SUV

Di tahun 2014, proyek tersebut sukses melahirkan ‘Mind Reading Tire’, sebuah ban yang dikendalikan gelombang otak manusia. Lalu di tahun 2015, ada 'Ball Pin Tire', sebuah ban yang mampu berputar 360o.

"Hankook Tire akan terus menunjukkan semangat otentik dan inovasi merk kami dengan merilis beragam produk baru dan eksperimental bagi konsumen kami," kata Lim.