POPULAR STORIES

Lepas Formula E, Hankook Pasok Ban WRC 2025

Lepas Formula E, Hankook Pasok Ban WRC 2025 Foto : Hankook.

KabarOto.com - Seperti kita tahu, Hankook tidak akan jadi pemasok ban lagi untuk Formula E pada 2026/2027, sebab tender dimenangkan oleh Bridgestone. Namun pabrikan Korea langsung beralih, dari balapan listrik jadi balapan reli.

Pirelli, yang memenangkan tender sebelumnya yang akan berakhir pada akhir musim depan, setelah empat tahun. Perusahaan Italia memilih untuk tidak mengajukan tawaran melanjutkan keterlibatannya di WRC.

Hal ini juga ditegaskan oleh FIA setelah pertemuan terbaru FIA World Motor Sport Council di Baku, dengan pemberitahuan kontrak untuk periode 2025-2027. “WRC untuk menunjuk Hankook sebagai mitra resmi dan pemasok ban untuk Kejuaraan Reli Dunia FIA untuk kontrak tiga tahun mulai tahun 2025,” bunyi pernyataan FIA.

Baca Juga : Bridgestone Bakal Pasok Ban Formula E Gen4

Sebagai pabrikan, Hankook juga harus memenuhi kriteria seperti kemampuan pemasok, keberlanjutan, kualitas teknis, biaya per ban, dan pemasaran. Ada dua jenis ban yang harus dibuat diantaranya gravel dan tarmac, serta ban salju dengan stud dan tanpa stud. Kedua varian ini bisa berbeda jenis kompon.

Baca Juga : Gelang Dari Ban Mobil F1 Michael Schumacher Dijual Rp150 Juta

Dengan begitu Hankook resmi memasok seluruh kebutuhan ban untuk peserta kelas RC1, RC2 dan RC3 di WRC sejak 1 Januari 2025 hingga akhir tahun 2027 mendatang. Sementara Pirelli mengalihkan fokus ke Formula 1 hingga 2027.