POPULAR STORIES

Produk Ban Hankook Sabet Tiga Penghargaan Dalam Hal Desain

Produk Ban Hankook Sabet Tiga Penghargaan Dalam Hal Desain Ban Hankook yang dipakai di ajang balap (ist)

KabarOto.com - Produsen ban asal Korea Selatan, Hankook Tire, berhasil mendapat tiga penghargaan sebagai 'Winners' dalam kategori Professional Concept and Product pada ajang iF Design Award 2019.

Tiga karya yang berhasil menjadi pemenang penghargaan tersebut adalah ban konsep Hexonic dan HLS-23, serta ban Kinergy 4S 2 untuk mobil penumpang. Seluruh ban tersebut dikembangkan melalui kerjasama riset bersama para mahasiswa dari Royal College of Art (RCA).

Presiden & CEO Hankook Tire, Hyun Bum Cho mengatakan, "Merupakan suatu kehormatan mendapatkan penghargaan iF Design Award. Kami bertujuan untuk menciptakan desain ban yang paling praktis namun tetap menarik dan kami bangga karena diakui oleh salah satu penghargaan desain yang paling bergengsi di dunia."

Dari kiri: Hankook Kinergy 4S 2, Hexonic, dan HLS-23

Hexonic dan HLS-23 sendiri merupakan hasil dari proyek penelitian dan pengembangan Hankook Tire Design Innovation, yang menawarkan visi dan resolusi baru dalam mengemudi di masa depan melalui ban.

Baca Juga: Canggih! Hankook Kembangkan Ban Yang Dapat Menyesuaikan Kontur Jalan

Produk Hankook Hexonic merupakan jenis ban untuk fully-autonomous share cars (car sharing) yang disebut dapat memberikan solusi mengemudi optimal dengan menggunakan smart sensor. Lalu ban HLS-23 diklaim dapat mempermudah sistem transportasi logistik masa depan, melalui road-coordinate recognition dan self-charging.

Selanjutnya Kinergy 4S 2, yang menjadi pemenang dalam kategori Product Discipline, adalah sebuah ban yang cocok untuk digunakan di semua musim, baik untuk kondisi jalan pada saat musim panas ataupun musim dingin, karena dilengkapi dengan kinerja drainage yang lebih baik dengan menerapkan pola berbentuk V yang simetris.

Pabrik ban Hankook di Indonesia

Hankook mengatakan, elemen-elemen detail yang terdapat pada Kinergy 4S 2 rupanya terinsipirasi oleh desain dari papan ski, dengan dua pola sipe yang berbeda untuk musim panas dan musim dingin, sehingga dapat memberikan grip optimal pada saat pengereman di jalan bersalju dan handling mumpuni di jalan yang kering.

Di tahun 2009, Hankook Tire juga pernah memenangkan iF Design Award untuk pertama kalinya di industri ban atas produk Optimo 4Snya. Lalu dengan Kinergy 4S di tahun 2014. "Hankook Tire akan tetap meneruskan komitmennya dalam menciptakan produk-produk berkinerja tinggi paling inovatif," Kata Cho.

Baca Juga: Tak Hanya Mobil Penumpang, Hankook Juga Rilis Ban Untuk SUV

Untuk diketahui, iF Design Award sendiri merupakan ajang yang dibuat oleh International Forum Design, sebuah perusahaan konsultan pemasaran Jerman, dan merupakan salah satu dari tiga penghargaan desain internasional paling terkemuka, bersama dengan Reddot Design Award dan International Design Excellence Award (IDEA).

Setiap tahun, desain yang masuk ke iF Design Award diklasifikasi ke dalam 7 jenis, yang terdiri dari produk, pengemasan, arsitektur interior, dan komunikasi, yang kemudian dikategorikan menjadi 72 sub-kategori.

Semua desain yang masuk akan dinilai berdasarkan sepuluh kriteria evaluasi, termasuk inovasi dan elaborasi, fungsionalitas, estetika, tanggung jawab, dan positioning. Untuk tahun ini, telah dipresentasikan sekitar 6.400 desain dari 50 negara.