POPULAR STORIES

Hanya Dibuat 3 Unit, Mansory Bikin Tampilan Aventador SVJ Makin Sangar

Hanya Dibuat 3 Unit, Mansory Bikin Tampilan Aventador SVJ Makin Sangar Mansory Cabrera (Mansory)

KabarOto.com - Bisa dibilang, apa yang dilakukan rumah modifikasi Mansory, pada Lamborghini Aventador SVJ garapannya, bakal bikin geleng-geleng kepala siapa pun yang melihatnya.

Bagaimana tidak, tampilan standar Aventador SVJ yang sporty dan mewah, diubah menjadi sangar dan cenderung ekstrem.

Baca Juga: Mobil Jarang Dipakai Akibat WFH, Jangan Copot Kabel Aki!

Mungkin butuh waktu beberapa saat, untuk bisa mengenali bawah mobil tersebut adalah sebuah Aventador SVJ karena sosoknya berubah drastis.

Mobil yang dinakaman Mansory Cabrera tersebut, dibuat oleh rumah modifikasi asal Brand, Jerman, itu dalam rangka perayaan ulang tahunnya yang ke-30. Dari segi tampilan, perubahan Cabrera terlihat pada penggunaan serat karbon di hampir seluruh bagian bodi.

Efeknya, membuat dimensi SVJ melebar hingga 41 mm dibanding standar. Agar semakin menimbulkan kesan 'buas' super car tersebut lantas diguyur cat khusus yang disebut Vento Verde.

Tampilan makin sangar

Di bagian depan, Mansory juga menyematkan lampu utama LED yang baru saja dikembangkan, dengan membuat DRL LED terpisah. Keunikan lainnya, terlihat pada lubang dibagian bumper depan.

Lubang ini ternyata bukan tanpa alasan, karena membantu mengoptimalkan aliran udara ke radiator. Selain itu, bagian depan juga dirancang ulang untuk meningkatkan downforce, sehingga membuat daya cengkeram ke aspal makin maksimal.

Tak hanya bagian depan, untuk meningkatkan aerodinamika, Mansory juga mengubah desain bagian samping SVJ dengan memberikan side skirt terbaru, yang dapat mengalirkan udara dari ruang fender semakin optimal.

Tak ketinggalan, Mansory pun memberikan diffuser ganda di bagian belakang, beserta knalpot baru, serta spoiler berukuran besar. Bila diperhatikan, bentuk kap mesin juga berubah, dan tampak lebih tegas dengan dihubungkan ke spoiler.

Interior minim ubahan

Bila perubahan yang cukup ekstrem terjadi di bagian luar, namun tidak untuk bagian dalam. Sebab, Mansory hanya memberi sedikit sentuhan, yakni dengan penggunaan nuansa hijau pada bagian jok yang dilapis kulit Alcantara dan serat karbon di beberapa bagian.

Sebagai sumber tenaga penggerak, Cabrera tetap ditenagai oleh mesin asli V12 Aventador SVJ, yang memiliki kapasitas 6.500 cc.

Baca Juga: Mercedes-Benz 450 SEL 6.9

Di atas kertas, mesin tersebut dalam kondisi standar sanggup menghasilkan tenaga hingga 770 dk pada 8.500 rpm dan torsi 720 Nm pada 6.750 rpm. Setelah diracik ulang oleh Mansory, tenaganya makin melonjak hingga 810 dk dan torsinya menjadi 780 Nm.

Tenaga makin besar

Memiliki tenaga yang sangat besar tersebut, membuat Cabrera mampu berlari dari posisi diam 100 kpj hanya dalam waktu 2,6 detik. Hasil ini lebih cepat 0,2 detik dibanding mesin standar.

Bila pengemudi masih memiliki nyali untuk menginjak pedal gas lebih dalam, Cabrera mampu meraih kecepatan tertinggi di angka 355 kpj. Rencananya, hanya ada 3 Cabrera yang akan diproduksi. Sangar sob!