Hanya Servis Dengan Tepat Bisa Tambah Tenaga Mesin, Ini Tips Dari IDscoot Performance

Hanya Servis dengan Tepat Bisa Tambah Tenaga Mesin, Ini Tips dari IDscoot Performance Kipli/idscoot

KabarOto.com - Servis kendaraan memang penting agar menunjang aktivitas Sobat KabarOto untuk bepergian, apalagi jika kendaraan tersebut digunakan sebagai transportasi sehari-hari.

Realitanya, banyak yang masih enggan untuk melakukan servis rutin dengan alasan membuang waktu dan biaya. Padahal, mesin butuh perawatan agar performanya tetap optimal, jika rusak, maka biaya dan waktu yang harus dikeluarkan tentunya akan lebih banyak lagi.

"Memang, pola pikir sebagian masyarakat itu menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi tanpa mau repot memikirkan perawatan rutinnya. Penggantian pelumas yang tepat dan servis rutin tentunya jadi hal yang vital untuk dilakukan untuk menjaga performa motor," ujar Dave Farich selaku pemilik IDscoot Performance, Bintaro, Jakarta Selatan.

Baca juga: Ini Andalan IDscoot Performance Manjakan Konsumen

Dave, sapaan akrabnya bilang, kalau perawatan rutin mesin kendaraan tersebut berguna untuk mengembalikan performa motor seperti semula. "Tidak harus bore-up, porting polish, dan menggunakan perangkat aftermarket lainnya untuk menambah tenaga, kalau perawatan motornya benar, kondisinya bisa sehat seperti sedia kala," imbuhnya.

Ia pun melakukan demonstrasi servis dengan sebuah motor Vespa Sprint milik konsumennya. Menurut penuturannya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan secara tepat.

"Kuncinya, maintenance yang tepat, pertama aplikasikan injector cleaner, cvt cleaning, brake cleaning, airflow cleaning, throttle body cleaning, combustion chamber cleaning, engine flush, dan pakai oli yang tepat sesuai spesifikasi, dalam hal ini, Vespa Sprint bisa menggunakan pelumas dengan standar JASO MB atau untuk aplikasi kopling kering. selama tak ada kerusakan, tak usah overhaul," beber Dave.

Baca juga: Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN) Resmi Didirikan

Pehobi Vespa klasik dan modern itu juga memberikan bukti sebelum dan sesudah dilakukan servis melalui dyno sheet. Angka menunjukkan peningkatan tenaga sebanyak 1,3 dk dari semula sebelum dilakukan servis di angka 15,36 dk menjadi 16,66 dk setelah dilakukan servis rutin.

"Soal pelumas, jangan berpatokan dengan merek yang menjamin tahan digunakan hingga kilometer paling tinggi. Pelumas pun tak perlu yang paling mahal, pakai yang JASO MB untuk kopling kering atau cvt, usahakan full synthetic dan ester," tutupnya.