POPULAR STORIES

Harganya Mahal, Kenapa Bus Double Decker Banyak Digunakan?

Harganya Mahal, Kenapa Bus Double Decker Banyak Digunakan? us double Decker Rosalia Indah (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Perusahaan Otobus (PO) Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Trans Jawa saat ini banyak yang menggunakan bus double decker. Bus ini dibuat sedemikian rupa,untuk kenyamanan penumpangnya. Meski tarifnya mahal, namun bus ini sangat diminati oleh bus mania (sapaan pengguna bus AKAP) di beberapa daerah. Lalu kenapa PO menggunakan bus yang harganya mencapai Rp 3 miliar?

Candra Dewi, Marketing & Communication Manager karoseri Laksana mengatakan, bus double decker yang memiliki kapasitas besar sangat cocok dan efisien untuk melayani konsumen.

Baca juga: Ini Penyebab Utama Kecelakaan Bus Dan Truk Di Jalan

"Operator bus di Indonesia saat ini sudah berkembang, mereka berlomba-lomba pada kualitas pelayanan mereka ke para penumpang," terangnya. Dewi menambahkan, fasilitas yang sekarang tersedia di bus-bus AKAP sudah sangat luar biasa sekali.

Bus double decker memiliki kapasitas angkut yang besar

Laksana, merupakan salah satu karoseri yang membuat bus double decker, memiliki dua varian yang dikatakan sebagai best seller, yaitu Legacy SR2 HD dan XHD Prime. Meski begitu, untuk penjualan double decker secara nasional porsinya masih terhitung kecil dibandingkan bus besar atau bus medium.

Baca juga: Begini Proses Pembuatan Ban Vulkanisir Yang Digunakan Bus Dan Truk

"Karena memang ukurannya yang besar, sehingga tidak semua jalan bisa dilalui," terangnya kepada KabarOto.

Sementara untuk desain, interior baik bus double decker maupun bus biasa, tergantung dari kebutuhan dan kegunannya. "Untuk bus-bus antar kota, sudah cukup umum sekarang ini, dibagi menjadi beberapa kelas untuk melayani kalangan pelanggan yang lebih luas," tambahnya.

Laksana menurut dia saat ini sudah memiliki divisi Laksana Individual, di mana mereka lebih flexible lagi memenuhi berbagai macam permintaan pelanggan.

"Termasuk bus yang digunakan untuk caravan, super executive dan meeting," tambahnya. Selain itu, juga bus-bus bertujuan khusus lainnya, seperti bus laboratorium juga mereka luncurkan.