Ini Penyebab Utama Kecelakaan Bus Dan Truk Di Jalan

Ini Penyebab Utama Kecelakaan Bus dan Truk di Jalan Kecelakaan truk di jalan raya (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Saat berada di jalan raya, terutama jalan tol, sering kita jumpai truk atau bus yang ugal-ugalan. Hal itu sangat berbahaya karena akan menimbulkan kecelakaan. Kecelakaan terjadi banyak melibatkan truk-truk besar, karena kelalaian pengemudi, dan juga kondisi kendaraan yang sudah tidak layak untuk digunakan.

Ada baiknya, perusahaan jasa transportasi memberikan pendidikan dan pelatihan untuk para sopir-sopir, agar kecelekaan bisa diminimalisir. Selain itu, pengecekan kondisi kendaraan sebelum beraktivitas harus dilakukan.

Baca juga: Tahun 2030 Pemerintah Tergetkan Indonesia Bebas Truk ODOL

Ahmad Wildan, Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mentatakan, kecelakaan yang sering menimpa sejumlah truk bermuatan besar atau bus AKAP lantaran pengemudi yang belum memiliki kesiapan. Kesiapan yang dimaksud kondisi badan yang tidak fit dan kurang tidur selama berkendara. Ini menjadi salah satu faktor.

Kecelakaan truk (Foto: Istimewa)

"Setiap perusahaan harus memastikan setiap pengemudinya tetap fit, tapi hal ini dilakukan tidak? Jangan sampai sopir kurang tidur," ujar Ahmad dalam diskusi virtual beberapa waktu lalu.

Apalagi, menurut dia sopir memaksa melek selama 24 jam non stop. Ini yang berbahaya.

Dia menambahkan, setiap perusahaan bus atau truk harus berikan edukasi dan pelatihan kepada setiap sopir. Karena banyak para sopir yang kebingungan kebingungan dengan kendaraan operasional. Karena yang digunakan kendaraan baru, teknologi lebih canggih dan modern.

"Kadang banyak perusahaan main asal beli aja, tapi kurang paham dengan sejumlah fitur yang ada di kendaraan tersebut," terang Wildan.

Saat ini, yang perlu diajarkan oleh sejumlah perusahaan kendaraan yaitu pengenalan produk kepada sopir. Selain itu, menurut dia, bagaimana mengenali sejumlah sistem yang ada di dashboard dan lainnya.

Baca juga: Lewat Jembatan Timbang, Kemenhub Perketat Truk ODOL

Wildan juga mengingatkan, agar pegemudi truk agar menghindari membawa muatan berlebih atau Over Dimension dan Over Loading. Karena, membawa beban berlebih salah satu penyebab seringnya kecelakaan truk di jalan. Hal lain yang harus diperhatikan, agar memengunci rapat barang-barang agar tak mudah lepas.