Hasil Balapan F1 GP Austria: Bottas Keluar Sebagai Juara

Hasil Balapan F1 GP Austria: Bottas Keluar Sebagai Juara Balapan F1 (F1)

KabarOto.com - Seri pembuka balapan Formula 1 tahun 2020, yakni Grand Prix Austria, berlangsung ketat. Akhirnya, pembalap Mercedes-AMG, Valtteri Bottas, berhasil menjadi juara.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (05/07) malam WIB, Bottas memulai balapan dari pole position, dan mampu menjaga posisinya dengan baik sepanjang balapan.

Baca Juga: Tolak Rasisme, Mercedes Ganti Tampilan Mobil Balap F1 2020

Dia meninggalkan rival terdekatnya, Max Verstappen, yang mengalami kesulitan menjaga posisi kedua. Max Verstappen yang berada di belakang Bottas saat start, harus tersisih karena mengalami masalah di lap ke-14.

Bottas berhasil jalani balap dengan baik

Hal itu pun mampu dimanfaatkan Hamilton. Meski memulai balapan dari peringkat kelima, dia bisa naik ke posisi kedua. Pada putaran ke-24, Mercedes mengganti ban untuk Bottas dan Hamilton secara berurutan.

Pada putaran ke-61 setelah Safety Car meninggalkan lintasan, Albon berusaha menyalip Hamilton. Namun, keduanya bersentuhan, dan mengakibatkan Albon harus meninggalkan sirkuit.

Hamilton dinyatakan bersalah, dan juri menghukumnya dengan penalti lima detik. Sementara Bottas memenangi balapan dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit 55,739 detik.

Pembalap asal Finlandia itu memiliki selisih waktu 2,7 detik dari rival terdekatnya di GP Austria 2020 ini, Leclerc. Sedangkan dengan Norris, Bottas memiliki selisih 5,491 detik.

Baca Juga: Mercedes-AMG GT R Safety Car F1 Hadir Dengan Livery Baru

Hasil ini sekaligus membuat Bottas layak menempati posisi puncak klasemen sementara F1 2020 dengan torehan 25 poin, mengungguli Leclerc yang mengumpulkan 18 poin dan Norris 16 poin.

Sementara itu, Lewis Hamilton gagal masuk podium pada sesi pertama F1 2020. Dirinya hanya mampu finis di posisi keempat di GP Austria malam ini.

Hasil balapan