POPULAR STORIES

Hasil F1 Abu Dhabi, Penuh Drama Max Verstappen Raih Juara Dunia Pembalap F1 2021

Hasil F1 Abu Dhabi, Penuh Drama Max Verstappen Raih Juara Dunia Pembalap F1 2021 Foto: Formula 1

KabarOto.com – Max Verstappen (Red Bull Racing) meraih titel juara dunia pembalap Formula 1 musim 2021. Sempat tertinggal hampir sepanjang balapan, ia berhasil menyalip di lap terakhir setelah safety car masuk di lap 57 dan ia akhirnya bertarung 1 lap terakhir melawan Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas).

Dari awal balapan memang sudah drama, lap pertama Hamilton berhasil menyalip Verstappen. Namun di belokan enam, Verstappen yang berusaha menyalip hampir bertabrakan dengan Hamilton hingga keluar trek, membuatnya harus memotong tikungan.

Baca juga: Nikita Mazepin Kena Covid-19, Gagal Start F1 Abu Dhabi

"Ini gila. Saya tidak tahu harus berkata apa. Saya sangat senang untuk tim dan untuk semua orang ini. Saya sangat suka bekerja dengan mereka. Akhirnya hari ini saya mendapat sedikit keberuntungan. Tim saya tahu saya mencintai mereka dan saya ingin melakukan ini bersama mereka selama 10 atau 15 tahun ke depan!" ujar Verstappen.

Usaha bertahan Sergio Perez (Red Bull Racing) juga sangat ketat. Namun lap 20 Hamilton berhasil menyalipnya. Perjalanan Perez juga harus berakhir ketika sudah memasuki akhir balapan, akibat masalah teknis.

Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) mendapat nasib kurang menguntungkan. Mobilnya melintir dan menabrak pagar pembatas, ada masalah di sistem pengereman membuatnya harus menyudahi balapan di lap 28, diakhir karirnya sebagai pembalap F1.

Begitu juga rekan setim Raikkonen, Antonio Giovinazzi yang mengalami masalah karena mobilnya tidak bisa berpindah gigi, dan harus menyudahi balapan di lap 35. Jadi perpisahan tidak begitu manis untuk tim.

Baca juga: Red Bull Racing Musim 2022 Gunakan Mesin Hasil Pengembangan Sendiri

Hamilton terus memimpin balapan. Jaraknya dengan Verstappen pun cukup jauh yakni 14 detik. Namun di lap 54, saat bendera kuning dikibarkan akibat Nicholas Latifi (Williams) kecelakaan menabrak dinding pembatas. Verstappen menggunakan momen ini untuk mengganti ban kompon soft (lunak) guna mengejar Hamilton. Namun Race Control tidak membolehkan overtaking.

Memasuki lap 57, Race Control memperbolehkan untuk overtaking, Verstappen unggul menggunakan kompon lembut pun diuntungkan. Ketika Safety Car masuk, keduanya langsung bertarung sengit. Namun sayang bagi Hamilton yang masih menggunakan kompon keras, sehingga agak kesulitan membendung Verstappen yang memiliki traksi lebih baik.

"Pertama, selamat untuk Verstappen dan tim. Tapi saya sangat bangga dengan tim Mercedes-AMG Petronas yang memberikan segalanya. Saya merasa hebat di dalam mobil beberapa bulan terakhir. Kita lihat saja apa yang terjadi tahun depan," papar Hamilton.

Hasil F1 Abu Dhabi 2021 :