POPULAR STORIES

Red Bull Racing Musim 2022 Gunakan Mesin Hasil Pengembangan Sendiri

Red Bull Racing Musim 2022 Gunakan Mesin Hasil Pengembangan Sendiri Foto: Formula 1

KabarOto.com - Honda akan meninggalkan Formula 1 (F1) sebagai pemasok mesin pada akhir musim 2021, tetapi itu bukan akhir dari kisah mereka di F1, dengan pabrikan Jepang tersebut mengungkapkan bahwa mereka akan terus bekerja dengan Red Bull Racing pada sejumlah proyek.

Honda memilih untuk berhenti dari F1, dengan alasan untuk fokus pada tujuan mereka mencapai netralitas karbon di seluruh perusahaan otomotif, tetapi setuju untuk terus mengembangkan mesin F1 bagi Red Bull Racing musim 2022, akan diawasi oleh perusahaan yang baru dibentuk yakni Red Bull Powertrains.

Seperti halnya dahulu ketika Renault keluar dari F1 namun mesin tetap digunakan Williams dengan nama Mecachrome, mesin itu berada di bawah bendera perusahaan Mecachrome SAS.

Baca juga: Desain Diffuser Sharks Tooth Bantu Red Bull Racing Jadi Lebih Cepat

Honda tetap bergabung musim depan, di bawah naungan Red Bull Powertrains

Sekarang telah dikonfirmasi bahwa Red Bull Racing dan Honda telah mencapai kesepakatan yang akan memungkinkan perusahaan untuk menggunakan nama Honda IP mulai 2022, dengan alasan khusus untuk memasok mesin ke tim kerja mereka dan AlphaTauri.

Honda juga akan terus membantu membangun unit tenaga pada 2022, serta memberikan dukungan setting dan operasi balapan dari Jepang selama kerjasama berlangsung. Mulai tahun 2023, Red Bull Powertrains akan bertanggung jawab penuh atas semua manufaktur dan servis mesin.

Kerjasama ini bukan perihal urusan mesin, meluas hingga ke pembalap. Kedua perusahaan bekerja sama untuk membawa Yuki Tsunoda ke Formula 1 dengan AlphaTauri, melanjutkan kemitraan mereka untuk mempromosikan pembalap Jepang terbaik ke ajang Formula 1.

Dan akan ada kolaborasi lebih lanjut yang belum ditentukan dalam kegiatan motorsport lainnya, dengan Honda ingin mempromosikan berbagai produk mobilitas mereka ke khalayak yang lebih luas. Bisa saja nanti Honda tetap mendukung namun di bawah payung Honda Racing Corporation (HRC), seperti di MotoGP.

Baca juga: McLaren MP4/4, Pemegang Rekor Paling Dominan Selama Satu Musim

Tetap akan mendukung tim Alphatauri

“Kami sangat senang bahwa proyek Red Bull Powertrains yang ambisius dan menarik akan sangat didukung oleh Honda, secara teknis dan operasional, pada tahun 2022 ini akan membantu memastikan bahwa transisi Red Bull Racing ke status produsen sasis dan unit daya berjalan mulus,” ujar Christian Horner selaku Kepala Tim Red Bull Racing.

Chief Officer untuk Operasi dan Komunikasi di Honda yakni Koji Watanabe menambahkan, ia sangat senang mencapai kesepakatan dengan Red Bull Racing yang mencakup semua detail hak IP untuk mesin F1 dan dengan cara ini, Honda masih dapat berkontribusi pada dunia balap motor.