POPULAR STORIES

Hasil F1 Australia 2022, Charles Leclerc Mendominasi Balapan Dan Max Verstappen Tidak Finis

Hasil F1 Australia 2022, Charles Leclerc Mendominasi Balapan dan Max Verstappen Tidak Finis Dok : F1

KabarOto.com – Balapan Formula 1 di Sirkuit Alber Park, Australia dimulai dengan sengit, Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) berhasil mempertahankan posisinya, diikuti oleh Max Verstappen (Red Bull Racing). Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) berhasil naik dua tingkat menyusul Lando Norris (McLaren) dan Sergio Perez (Red Bull Racing).

Lap 2 nasib kurang mujur dialami Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) yang harus menyudahi balapan di awal, mobilnya mengalami selip sehingga harus keluar lintasan, dan menyeberang ke sisi gravel, menyebabkan safety car keluar untuk pertama kalinya di balapan ini.

Baca Juga : Lego McLaren MCL36 Bisa Dinaiki Daniel Ricciardo Mejeng Di Pit

Safety car kedua keluar pada lap 24 setelah Sebastian Vettel (Aston Martin) mengalami selip di tikungan keempat, dan menghantam dinding pembatas mengakibatkan sayap depannya rusak parah.

Lalu lap ke 39, Verstappen yang bertengger di posisi kedua harus menghentikan balapan akibat gangguan pada mesin. “Aku mencium bau cairan aneh,” katanya di radio.

Leclerc berhasil meraih pole position dan lap tercepat di Australia, pembalap Monako itu pun memimpin balapan dengan mulus sejak awal. Diikuti Sergio Perez yang berhasil finis kedua.

"Akhir pekan ini, kecepatan kami sangat kuat, ban terasa hebat. Aku sangat senang, luar biasa bisa menang di sini. Kami baru berada di balapan ketiga musim ini, jadi sulit untuk memikirkan jadi juara dunia, tetapi kami memiliki mobil yang sangat kuat, yang juga dapat diandalkan. Senang rasanya bisa kembali ke posisi ini," ungkap Leclerc.

Dibawahnya, ada duet Mercedes-AMG Petronas George Russell berhasil mengamankan posisi tiga dan Lewis Hamilton finis posisi empat. Sementara duet McLaren secara berurutan di belakang Hamilton, yakni Lando Norris dan Daniel Ricciardo yang tampil di kampung halaman tampil cukup memuaskan.

"Ada begitu banyak kerja keras yang dilakukan untuk mendapatkan posisi kita kembali. Kami tidak akan pernah menyerah, kami tertinggal jauh di belakang, namun di sinilah kami, di podium. Jika ada yang bisa, Mercedes bisa," papar Russell.

Baca juga: Jelang F1 Australia 2022, Pembalap F1 Dilarang Pakai Perhiasan Saat Balap, Hingga Haas Tidak Punya Sasis Pengganti

Esteban Ocon menyelesaikan balapan dengan finis posisi 7, diikuti oleh Valtteri Bottas (Alfa Romeo), lalu Pierre Gasly (Alpha Tauri) memberikan poin hiburan bagi tim usai finis posisi 9.

Secara mengejutkan Alex Albon (Williams) yang start dari posisi juru kunci justru berhasil finis posisi 10 dengan strategi ban keras berumur 57 lap, dan baru mengganti ban di lap terakhir.

Hasil F1 Australia 2022 :