POPULAR STORIES

Hasil F1 Austria, Diwarnai Sejumlah Hukuman Penalti Max Verstappen Menang Lagi

Hasil F1 Austria, Diwarnai Sejumlah Hukuman Penalti Max Verstappen Menang Lagi

KabarOto.com – Max Verstappen (Red Bull Racing) kembali meraih kemenangan di Austria. Sebelumnya di GP Styria yang berlangsung di tempat sama, sirkuit Red Bull Ring, pembalap Belanda itu juga berhasil meraih kemenangan.

“Di setiap set ban yang kami pakai, sangat menyenangkan untuk dikendarai. Upaya luar biasa oleh seluruh tim, dua minggu ini di sini luar biasa," ujar Verstappen.

Baca juga: FIA Beri Peringatan Red Bull Racing Perihal Selebrasi Burn Out

Memulai balapan di posisi 5, Valtteri Bottas (Mercedes-AMG Petronas) menunjukkan kualitasnya sebagai pembalap kedua di tim. Hasil finis posisi 2 tersebut akan jadi pembuktian baginya, agar Silver Arrow kembali memperpanjang kontraknya yang akan habis akhir musim ini.

Sementara Max Verstappen memenangkan lomba sejak start hingga finis tanpa ancaman serius dari pembalap lainnya. Beberapa kali, Verstappen mengukir waktu tercepatnya di sirkuit ini. Bahkan Verstappen sampai bisa meng-over lap pembalap di urutan 10 lomba menjelang finis.

Pesaing terdekatnya yakni Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas), harus puas menempati posisi 4. Setelah sebelumnya memegang posisi 2 sebelum jelang 10 lap tersisa, Hamilton melakukan pit stop dan melorot ke posisi 4 akibat masalah aerodinamis.

Masalah tersebut dialami Hamilton usai menerabas pembatas trotoar, dampaknya Hamilton tidak dapat memacu kendaraan lebih cepat lagi.

Rekan satu timnya, Valtteri Bottas berhasil mengambil posisi Hamilton, akhirnya berhadapan dengan Lando Norris (McLaren). Padahal sebelumnya Norris mendapatkan hukuman penalti 5 detik karena dianggap sengaja membuat Sergio Perez (Red Bull Racing) keluar lintasan untuk melewatinya.

Hamilton mengalami gangguan aerodinamis

Sementara Lando Norris juga kembali tampil baik, sempat disusul oleh Hamilton pada lap 20. Baru di lap 54 Norris bisa menyusul Hamilton dan mempertahankan posisi.

Kemudian, Perez membuat Charles Leclerc (Ferrari) keluar lintasan. Persis sama seperti halnya Norris dan mengambil penalti yang sama, sebelum melakukan hal yang sama kepada Leclerc di Tikungan 6 dan mendapatkan satu penalti lagi. Lalu Yuki Tsunoda (AlphaTauri) gantian mendapatkan 2 penalti yang sama, akibat melewati garis saat di area pit.

Baca juga: Masih Ingin Jadi Juara Dunia F1, Lewis Hamilton Perpanjang Kontrak Hingga 2023

Menjelang di lap terakhir ketika Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) bertabrakan dengan Sebastian Vettel (Aston Martin Cognizant) saat mereka memperebutkan posisi 12, kejadian ini berakibat pada hukuman penalti untuk Raikkonen.

Kemudian Nicholas Latifi (Williams Racing) dan Nikita Mazepin (Haas) sama-sama mendapat penalti pasca-balapan oleh steward di Austria, karena gagal memperlambat kecepatan saat bendera kuning, setelah kecelakaan lap terakhir antara Vettel dan Raikkonen.

Pembalap Daniel Ricciardo (McLaren), Charles Leclerc (Ferrari), Pierre Gasly (AlphaTauri) dan Fernando Alonso (Alpine) melengkapi 10 besar. Nasib kurang mujur dari George Russel (Williams Racing), ia gagal meraih posisi 10 setelah disalip oleh Alonso, tentu saja ini menggagalkan usaha pembalap Inggris tersebut meraih poin pertamanya bersama Williams musim ini.

Meski mendapat tekanan berat dari Norris, yang dianugerahi penghargaan "Driver Of The Day", Bottas bertahan untuk posisi 2, dengan pebalap McLaren itu finis podium ketiga musim ini.

Hasil F1 GP Austria 2021 :