Hasil F1 Hongaria 2022, Mercedes-AMG Petronas Mulai Dekati Scuderia Ferrari

Hasil F1 Hongaria 2022, Mercedes-AMG Petronas Mulai Dekati Scuderia Ferrari Dok : F1

KabarOto.com – Sirkuit Hungaroring, Hungaria, jadi saksi bisu persaingan tiga tim Formula 1 akhir pekan kemarin. Red Bull Racing, Mercedes-AMG Petronas, dan Scuderia Ferrari saling mengejar sepanjang 70 lap.

Namun keunggulan tetap jadi milik Red Bull Racing lewat Max Verstappen yang berhasil merebut posisi pertama, padahal pembalap Belanda itu memulai balapan dari posisi kesepuluh. Secara bersamaan, Sergio Perez juga merangkak naik ke posisi lima dari posisi 11.

Hasil kemenangan Verstappen di Hungaria itu, membuat tim semakin kokoh di puncak klasemen dengan 431 poin.

"Itu adalah balapan fantastis, semua orang menunjukkan performa terbaik. Verstappen luar biasa, bahkan menambahkan sedikit putaran ke balapannya seolah-olah kembali dari posisi 10 tidak cukup sulit. Demikian pula, Perez memiliki balapan yang brilian dan saya percaya jika bukan karena VSC, dia akan naik podium," ucap Christian Horner, Kepala Tim Red Bull Racing.

Baca juga: Usai F1 Hungaria 2022, Persaingan Pembalap Semakin Ketat

Scuderi Ferrari harus merosot finis keempat, dan enam setelah Charles Leclerc, dan Carlos Sainz gagal mempertahankan dominasi. Posisi Ferrari sekarang harus semakin terancam dengan konsistensi Mercedes-AMG Petronas, walau masih menduduki posisi kedua klasemen konstruktor 334 poin.

Sementara Mercedes-AMG Petronas mulai mengejar setelah meraih double podium dengan Lewis Hamilton finis kedua dan George Russell ketiga. Hanya selisih 30 poin, Mercedes berada di urutan ketiga klasemen dengan 304 poin.

"Pertarungan Lewis hari ini luar biasa, Budapest terus menjadi kisah sukses baginya. Dia datang entah dari mana dan lebih cepat dari orang lain. Saya pikir kami gagal karena DRS tidak berfungsi kemarin. Jika tidak, kami akan bisa bertarung di depan untuk kemenangan hari ini. P2 dan P3 dua kali berturut-turut bagus tapi kami ingin berjuang untuk menang," kata Toto Wolff, Kepala Mercedes-Benz Motorsport.

Bersaing di papan tengah, Alpine dan McLaren bersaing dengan ketat. Keduanya saling pepet poin, Alpine kini berada di posisi keempat dengan 99 poin setelah Esteban Ocon dan Fernando Alonso menyumbang double poin, dan McLaren di bawahnya mengumpulkan 95 poin lewat Lando Norris.

Baca juga: Hasil F1 Hungaria 2022, Max Verstappen Tampil Fantastis

Alfa Romeo gagal mendapat poin, namun masih bertahan di urutan enam klasemen pembalap dengan 51 poin, sementara Haas di bawahnya mengumpulkan 34 poin.

Begitu juga AlphaTauri yang bersaing ketat dengan Aston Martin Cognizant mengumpulkan 27 poin, dan Aston Martin mendapat poin hiburan lewat Sebastian Vettel dengan raihan 20 poin. Sementara Williams terpuruk di dasar klasemen total tiga poin.

Klasemen Kontruktor usai F1 Hongaria 2022 :