POPULAR STORIES

Hasil F1 Jepang 2022, Max Verstappen Raih Gelar Juara Dunia Kedua

Hasil F1 Jepang 2022, Max Verstappen Raih Gelar Juara Dunia Kedua

KabarOto.com – Balapan dimulai dengan kondisi trek basah. Max Verstappen (Red Bull Racing) akhirnya meraih gelar juara dunia keduanya di Suzuka setelah Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) terkena penalti.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua orang yang telah bekerja sangat keras. Pekerjaan yang telah kami lakukan bersama Honda, untuk menang dua kali bersama mereka sangat emosional, terutama di sini. Saya sangat bangga kami bisa melakukannya di sini,” ujar Verstappen.

Verstappen sedikit tertinggal saat start, namun dirinya mampu mempertahankan posisi memasuki belokkan pertama dari Leclerc. Sementara Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) mengalami aquaplanning dan menabrak tembok pembatas.

Baca juga: Max Verstappen Kunci Utama AlphaTauri Rekrut Nyck De Vries

Balapan harus dihentikan karena cuaca buruk. Saat balapan dimulai di belakang Safety Car, dan balapan ditentukan sisa waktu, serta balapan tercatat sekitar 28 lap dari 53 lap seharusnya.

Persaingan ketat perebutan tempat ke-2 dan 3 pun terjadi antara Charles Leclerc dan Sergio Perez (Red Bull Racing). Di belokkan terakhir Perez mendapat peluang menyusul saat Leclerc melebar, namun Leclerc mampu mempertahankan posisinya. Walaupun akhirnya pembalap Monako itu harus terkena penalti 5 detik dan turun posisi ke-3, dan Perez naik ke podium ke-2.

“Itu agak sibuk dengan Charles, balapan yang bagus, saya mencoba bergerak dan dia mengunci dan pergi. Hukuman itu adil,” ujar Perez.

Baca juga: Gagal Dapat Tempat, Daniel Ricciardo Cuti Musim 2023

Duet pembalap Alpine yakni Esteban Ocon dan Fernando Alonso, meraih double poin setelah finis posisi 4 dan7. Begitu juga pasangan Mercedes-AMG Petronas Lewis Hamilton dan George Russell yang mengamankan posisi 5 dan 8.

Sebastian Vettel (Aston Martin) sempat melintir di lap pertama akhirnya bangkit dan finis ke-6. Lalu Nicholas Latifi (Williams) meraih poin perdananya setelah finis ke-9 dan Lando Norris (McLaren) mengunci posisi 10 besar.

Hasil F1 Jepang 2022 :