Hasil F1 Spanyol 2022, Kemenangan Besar Red Bull Racing

Hasil F1 Spanyol 2022, Kemenangan Besar Red Bull Racing Dok : F1

KabarOto.com – Red Bull Racing meraih kemenangan besar di F1 Spanyol 2022, melaluu Max Verstappen dan Sergio Perez. Memulai balapan di posisi kedua, Verstappen finis pertama diikuti Perez.

“DRS saya tidak berfungsi membuatnya sulit. Awal yang sulit tapi akhir yang baik. Saya sangat senang bisa menang dan Checo mengikuti. Hasil yang bagus untuk tim," ujar Verstappen.

Baca juga: Cabut Dari F1, Honda Malah Jadi Sponsor Utama F1 Jepang 2022

Charles Leclerc (Ferrari) mungkin paling sakit hati di balapan kali ini, memimpin balapan sejak awal. Namun ia harus gagal finis karena permasalahan power unit pada lap 28.

Carlos Sainz (Ferrari) harus kehilangan tempat ketiga, karena George Russell (Mercedes-AMG Petronas) dan Perez melakukan start sangat baik, Russell unggul akselerasi, dan Perez menyalip di belokan pertama.

Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) bersenggolan dengan Kevin Magnussen (Haas) padahal pembalap Inggris itu sedang bersaing dengan Sainz memperebutkan posisi kelima. Beruntung keduanya bisa kembali ke melanjutkan balapan meski terjun ke posisi terakhir.

Lap ketujuh Sainz harus mengalami mobilnya melintir, dan masuk gravel beruntung pembalap Spanyol itu bisa kembali ke trek namun posisinya kedodoran jadi ke-10.

Lap kesembilan Verstappen harus keluar lintasan di belokan keempat, beruntung posisinya tidak turun jauh saat kembali ke lintasan. Dari posisi kedua pembalap Belanda itu turun ke posisi empat di belakang Perez.

Permasalahan DRS masih jadi momok bagi Verstappen, beruntung kerja DRS kembali saat lap ke 24. Memasuki lap 28 Leclerc kehilangan power mesin saat memimpin balapan, disaat bersamaan DRS milik Verstappen kembali bekerja membuat persaingan dengan Russell semakin sengit namun keunggulan tetap berpihak kepada Verstappen.

Russell akhirnya finis posisi ketiga, diikuti oleh Sainz di tempat keempat di kampung halamannya sendiri. Lalu apresiasi patut diberikan ke Hamilton, sempat terpuruk di posisi akhir namun dirinya mampu finis kelima.

Baca juga: F1 Rusia 2022 Tidak Diganti, Jadwal Tetap 22 Seri

“Sangat bangga bisa berdiri di sini. Ini untuk semua orang di Brackley dan Brixworth. Saya senang membawanya pulang di P3," papar Russell.

Valtteri Bottas (Alfa Romeo) juga tampil konsisten mempertahankan tempatnya dengan finish keenam. Di belakangnya mengikuti Esteban Ocon (Alpine) yang finis ketujuh, lalu Lando Norris (McLaren) kedelapan.

Pembalap veteran Fernando Alonso (Alpine) yang juga tampil di kampung halamannya menunjukkan performa luar biasa. Memulai balapan dari posisi akhir karena terkena penalti penggantian mesin, juara dunia dua kali itu mampu finis kesembilan. 10 besar ditutup oleh pembalap Jepang, Yuki Tsunoda (AlphaTauri).

Hasil F1 Spanyol 2022 :