Hasil Kualifikasi F1 Hongaria 2021: Lewis Hamilton Dan Valtteri Bottas Di Barisan Terdepan

Hasil Kualifikasi F1 Hongaria 2021: Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas di Barisan Terdepan

KabarOto.com - Lewis Hamilton (Mercedes) mengunci Pole Position, setelah hasil gemilang pada sesi kualifikasi Grand Prix Hongaria, (31/7). Ia mengunci barisan depan bersama rekan setimnya Valtteri Bottas dan akan start paling depan di balapan hari Minggu ini (1/8).

Sementara itu Max Verstappen (Red Bull) harus puas di posisi ketiga, didampingi rekan setimnya Sergio Perez di posisi empat. Mesin Mercedes terbilang kuat di sirkuit sepanjang 4.381 meter ini dan Hamilton berencana memperpanjang kedigjayaannya menang sembilan kalinya.

"Catatan waktu luar biasa yang terakhir. Ini berkat kerjasama tim dari semua sepanjang pekan, termasuk Valtteri. Berusaha membuat mobil kencang, melakukan pengembangan dan semua orang di pabrikan bekerja keras, tak ada cela," beber Hamilton.

Pertimbangan penggunaan ban kompon lunak di start awal balapan nanti akan sangat menentukan jelang lima meter tikungan pertama dan total ada 14 tikungan yang akan ditaklukkan setiap lapnya. "Cukup mengejutkan semua orang di belakang akan menggunakan kompon lunak."

Baca Juga : F1 2021 GP Hungaria, Ban Jenis Apa Yang Cocok?

Menariknya, dua tim teratas menggunakan strategi yang berbeda, Mercedes memilih ban medium di kedua mobil mereka, sementara Red Bull memilih kompon lunak, yang seharusnya memberikan lebih banyak cengkeraman sejak start.

Kondisi cuaca panas sangat unik di Budapest diyakini Bottas, beruntung Mercedes bisa tampil kuat di kualifikasi. "Sebagai tim, kita berada di posisi yang bagus dengan kompon Medium untuk balapan nanti. Red Bull akan diuntungkan dengan start gunakan kompon lunak. Tapi kita bisa keliling lebih lama di balapan awal. Setidaknya kita harus fokus di awal start, pastinya."

Catatan kualifikasi antara Red Bull dan Mercedes memang cukup jauh tertinggal. Hamilton bisa bubuhkan waktu 1:15,419 detik. Disusul 0,315 detik oleh Valtteri Bottas. Sementara Verstappen terpaut 0,421 detik.

Baca Juga : Detail Desain Red Bull Racing Bisa Untungkan Balapan Di Sirkuit Hungaroring

Sepanjang pekan ini diakui Verstappen sangat jauh tertinggal dan juga hasil kualifikasi. Dibandingkan Q3 dengan Q2 dirinya memastikan cengkeraman ban sangat berbeda. "Saya tak tahu apakah lintasannya atau terkait ban tapi keseimbangan sudah diusahakan agar cepat di tikungan. Ketika gak enak menikung di satu tikungan, lainnya juga begitu."

Posisi tiga bukanlah keinginan pembalap bernomor 33 ini dan tak bisa senang tapi bagaimana lagi, dirinya masih di samping Checo dan ingin lihat di balapan nanti. "Kita juga akan start gunakan kompon lunak sebagai strategi bagus dan persaingannya akan kian memanas."

Pembalap berdarah Belgia-Belanda ini memahami bila menggunakan kompon lunak tak akan bertahan lama berbanding medium. "Tapi akan membantu kami menyalip. Start bagus di sini akan sangat penting sehingga kita akan lakukan sebaik mungkin dan hasilkan kan balapan terbaik."

Pierre Gasly (AlphaTauri) berada di urutan kelima yang sangat apik penampilannya, pembalap Prancis itu berada 11 tempat di atas rekan setimnya Yuki Tsunoda. Tempat keenam diisi oleh Lando Norris (McLaren), diikuti juga pembalap Ferrari, Charles Leclerc, dimana rekan setimnya Carlos Sainz harus tersingkir di Q2 setelah mobilnya kehilangan kontrol dan menabrak, serta sempat membuat bendera merah dikibarkan.

Posisi ketujuh, ada Esteban Ocon (Alpine) mengungguli rekan setimnya, Fernando Alonso dengan posisi P9. Serta posisi 10 besar ditutup oleh Sebastian Vettel (Aston Martin).