Hasil Kualifikasi F1 Spanyol 2021: Max Verstappen Terpaut 0,036 Detik Dari Hamilton

Hasil Kualifikasi F1 Spanyol 2021: Max Verstappen Terpaut 0,036 detik dari Hamilton Max Verstappen beri selamat raihan 100 Pole Position Lewis Hamilton di F1 Spanyol 2021

KabarOto.com - Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi F1 Spanyol 2021, Sabtu (8/5). Berkat bubuhkan waktu 1:16,741 detik, sehingga pembalap berkebangsaan Inggris ini berhak atas Pole Position pada balapan hari Minggu ini (9/5).

Adapun pembalap kedua tercepat adalah Max Verstappen (Red Bull Racing), di sirkuit sepanjang 4.655 meter tersebut hanya terpaut tipis 0,036 detik dari Hamilton. Sedangkan posisi tiga ditempati Valtteri Bottas (Mercedes-AMG Petronas) bubuhkan waktu 1:16,873 detik.

Baca juga: Carlos Sainz Berharap Bendera Merah di F1 Spanyol 2021

Perolehan Pole Position 100 kali di F1



Bagi Hamilton, Pole Postiion kali ini merupakan sejarah bagi dirinya dan juga dunia. Karena berhak atas rekor Pole Position 100 kali. Melampaui para legenda balap, Michael Schumacher 68 Pole Position dan Airton Senna 65 Pole Position.

"Saya sempat tertinggal sepanjang babak kualifikasi dan membuat perubahan kecil untuk menemukan kecepatan. Saya hanya tidak percaya sudah meraih 100 kali Pole Position," ujar Hamilton.

Sedangkan Bottas mengakui punya kesempatan untuk perolehan Pole Position sayangnya dirinya kehilangan waktu sepersian detik di Turn 10, beruntung tak jauh terpaut waktunya.

valtteri bottas f1 spanyol 2021
Valtteri Bottas mengakui punya kesempatan raih Pole Position di F1 Spanyol 2021



"Kita punya setelan performa kuat dan akan terlibat persaingan ketat - kemungkinan perebutan posisi kami dengan Red Bull, tentu dengan mempertahankan kondisi ban, pastinya akan lebih kompetitif di strategi pit stop," beber Bottas.

Bottas memastikan ada penerapan strategi dengan pilihan satu kali atau dua kali pit-stop. "Akan banyak yang dilakukan untuk menyempurnakan mobil dan menunggu bagaimana saat balapan untuk mengetahui strategi kami."

max verstappen f1 spanyol 2021
Max Verstappen sudah kerahkan potensi mobil Red Bull

Adapun Max Verstappen pastinya punya strategi khusus untuk hadapi 66 lap pada balapan hari Minggu ini. "Dari pandangan saya, hasil kualifikasi yang bagus. Puas dengan catatan waktunya tanpa kesalahan dan sepertinya sudah mengerahkan semua performa mobil."

Dirinya mengakui catatan waktunya sangat tipis dengan Hamilton, tentunya bikin geregetan. "Tapi itu memang belum cukup dan terkadang harus menerima hasilnya."

Max Verstappen f1 spanyol 2021
Max yakin Red Bull Racing lebih baik tahun ini

Max memastikan lawan terkuat Mercedes punya kekuatan mobil paripurna, bahkan dengan satu lap. Kemudian dibandingkan baris terdepan yang diperoleh kali ini dengan perolehan tahun lalu alami kendala. "Sejauh ini kami sangat gembira dengan raihan baris terdepan."

Baca juga: Hasil Klasemen Sementara F1 2021, Setelah GP Portugal

Melihat jajaran pembalap hasil kualifikasi, posisi empat ditempati oleh Charles Leclerc (Scuderia Ferrari), dilanjutkan oleh Esteban Ocon (Alpine), Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) dan posisi tujuh ditempati Daniel Ricciardo (McLaren).

Lebih lengkapnya simak tabel hasil kualifikasi F1 Spanyol 2021 di bawah ini: