POPULAR STORIES

Hasil Kualifikasi MotoGP Algavre 2021: Francesco Bagnaia Raih 5 Pole Position Beruntun

Hasil Kualifikasi MotoGP Algavre 2021: Francesco Bagnaia Raih 5 Pole Position Beruntun Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia berhasil raih pole poisition usai pecahkan rekor lap pada sesi Kualifikasi (Q2) di MotoGP Algavre 2021.

Sesi perebutan posisi diawali dengan Q1, dengan dua pembalap tampil sangat cepat yaitu Johann Zarco (Pramac Racing) dan Iker Lecuona (KTM Tech3). Kedua rider itu sempat memperebutkan posisi pertama. Namun, pada akhirnya Zarco keluar sebagai yang tercepat.

Baca juga: Ini Target Duo Rider Ducati Di MotoGP Algarve 2021

“Saya sangat senang hari ini, kami telah berusaha keras dan akhirnya berhasil. Jadi, saya mengincar waktu yang tercepat. Saat kualifikasi, saya juga bisa tampil lebih kompetitif. Untuk balapan besok, saya merasa percaya diri dan perlu memilih ban yang cocok,” ungkap Francesco Bagnaia.

Miller start dari posisi ke-2

Sedangkan, raihan mengecewakan dari Miguel Oliveira yang gagal tampil cepat di kampung halamannya. Dia harus puas menyelesaikan sesi ini pada urutan ke-17.

Masuk ke sesi Q2, jelas persaingan antara Bagnaia dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) sudah dimulai sepanjang sesi akhir pekan ini. Akan tetapi, pada sesi ini Quartararo tidak bisa tampil maksimal berbeda dengan Bagnaia yang tampil apik.

Baca juga: Inovasi Baru Hadir Di MotoGP Algavre 2021

“Hasil yang baik lagi hari ini, tetapi melihat hasil balap dua minggu lalu membuat saya ingin tampil cepat hari ini. Ketika saya mendapatkan feeling yang baik pada motor hari ini, saya lebih percaya diri. Tentu, hasil dari sesi latihan bebas selama akhir pekan ini saya sangat senang. Untuk balapan besok, saya tidak akan mengulangi kesalahan lagi dalam pemilihan ban,” ungkap Jack Miller.

Joan Mir start dari posisi ke-3

Sebelumnya, pembalap bernomor 63 itu mampu meraih catatan waktu 1:38,775 detik. Tidak puas dengan raihan itu, ketika sesi tersisa 30 detik dirinya mampu mempertajam waktunya menjadi 1:38,725 detik. Catatan itu merupakan rekor baru di Sirkuit Algavre.

Keberhasilan ini juga diraih oleh rekan setimnya yaitu Jack Miller yang membawa Ducati mendominasi dua besar, diikuti oleh Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang pertama kalinya mendapatkan front row.

Baca juga: Ini Jadwal MotoGP Algavre 2021

“Saya sedikit kecewa dengan hasil hari ini. Saya juga menyesal telah melakukan manuver yang salah dibeberapa tikungan. Dan beberapa manuver pembalap lainnya yang saya tidak mengerti. Tetapi, saya cukup senang dengan hasil akhir pekan ini,” ungkap Joan Mir.

Quartararo gagal mengejar waktu Bagnaia

El Diablo kini harus puas untuk start dari posisi ketujuh usai catatan waktu tercepatnya gagal diraih akibat melanggar track limit di tikungan 14. Saat itu, terjadi kecelakaan yang dialami oleh Luca Marini (Sky Racing Team VR46). Di waktu yang sama, pembalap bernomor 20 itu sedang mengejar hot lap.

Hasil Kualifikasi MotoGP Algavre 2021 :

  1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 1:38,725 detik

  2. Jack Miller (Ducati Lenovo) +0,104 detik

  3. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +0,168 detik

  4. Jorge Martin (Pramac Racing) +0,191 detik

  5. Johann Zarco (Pramac Racing) +0,193 detik

  6. Pol Espargaro (Repsol Honda) +0,333 detik

  7. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +0,406 detik

  8. Alex Marquez (LCR Honda) +0,466 detik

  9. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) +0,596 detik

  10. Iker Lecuona (KTM Tech3) +0,662 detik

  11. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +0,924 detik

  12. Luca Marini (Sky Racing Team VR46) +1,103 detik