POPULAR STORIES

Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2021: Maverick Vinales Raih Posisi Terdepan

Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2021: Maverick Vinales Raih Posisi Terdepan Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales berhasil mendominasi sesi kualifikasi (Q2) MotoGP di Belanda. Tidak hanya itu, dirinya juga mampu membuat rekor lap baru di Sirkuit Assen.

Vinales mampu mencatat waktu 1:31,814 detik, torehan tersebut lebih cepat dari rekor yang dibuat oleh rekan satu timnya, Fabio Quartararo di Belanda pada 2019. Pembalap dengan julukan Top Gun itu baru meraih pole position (start terdepan) pertamanya di musim ini.

Baca juga: Jadwal MotoGP Belanda 2021, Menjadi Penentu Karir Untuk Musim 2022

Torehan ini membuat Vinales nyaris sempurna di Belanda. Karena, pada sesi sebelumnya ia mampu menjadi pembalap tercepat di sesi latihan bebas (FP) pertama hingga ketiga dan akhirnya merebut pole position.

“Saya pikir dengan hasil sesi FP1, saya bisa tampil kompetitif dan cepat. Jadi masalah terbesar saya adalah grip ban dan kami mampu mengatasinya. Sejauh ini kami mampu tampil baik dengan kondisi motor sangat bagus dan saya sangat senang hari ini,” ungkap Maverick Vinales.

Duo Yamaha start grid terdepan GP Belanda

Yamaha bakal start dari dua grid terdepan pada balap di Belanda pada Minggu besok (27/06), usai Quartararo mampu tercepat kedua dengan gap waktu 0,071 detik. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) meraih pole ke-3 dengan gap 0,302 detik dari Vinales.

Nampaknya para pembalap Ducati sedikit kesulitan untuk menaklukan Sirkuit Assen. Pasalnya, hanya Jack Miller (Ducati Lenovo) yang mampu menembus sesi Q2. Sedangkan saat sesi Q1, Bagnaia dan Jorge Martin (Pramac Racing) tampil cukup kompetitif.

“Saya sangat senang selama akhir pekan ini. Tetapi, saya tidak senang saat menggunakan ban kompon soft. Dan, saya terkejut bisa mencetak waktu dibawah 1 menit 39 detik. Saat lap terakhir sesi Q2, saya membuat sedikit kesalahan. Dan tidak tahu mengapa, ban kompon soft bukanlah favorit saya di Sirkuit ini,” ungkap Fabio Quartararo.

Baca juga: Franco Morbidelli Absen Di Belanda, Inilah Penggantinya

Sementara itu, Johann Zarco (Pramac Racing) sedikit kesulitan dan baru bisa mencetak hot lap pada 5 menit terakhir. Di saat yang sama, banyak pembalap melaju bersama untuk mencoba mencari slip stream. Marc Marquez (Repsol Honda) sempat memanfaatkan slip stream dari Martin untuk mencari waktu tercepat.

Namun sayang, Marquez mengalami kecelakaan lagi di menit akhir kualifikasi Q1 dan harus puas tidak bisa lolos ke Q2. Di akhir sesi Q1, Zarco mamou mencetak waktu impresif dengan 1:32,541 detik dan memaksa Bagnaia finis di posisi ke-2 dengan selisih 0,116 detik.

“Iya, kondisi motor kami tidak terlalu cocok di sirkuit ini jadi kami perlu bekerja lebih keras. Namun, secara bertahap dari FP1 hingga FP4 catatan waktu saya tidak terlalu buruk. Saya cukup senang hari ini dan saya pikir kami bisa tampil baik untuk balapan besok,” ungkap Francesco Bagnaia.

Baca juga: Kecelakaan Saat Latihan MotoGP Belanda 2021, Ini Tuntutan Marc Marquez

Saat sesi Q2 baru dimulai, duo Yamaha mampu tampil cepat. Menit ke-6, El Diablo bisa memecahkan all time record dengan menjadi pembalap MotoGP pertama yang bisa mencetak waktu di bawah 1 menit 32 detik, tepatnya 1:31,922 detik.

Tidak mau kalah, kejutan datang dari Vinales di 3 menit terakhir yang mampu meraih waktu 1:31,814 detik dan menjadi rekor baru di Assen.

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2021:

  1. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 1:31,814 detik

  2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +0,071 detik

  3. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +0,302 detik

  4. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +0,500 detik

  5. Johann Zarco (Pramac Racing) +0,580 detik

  6. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +0,636 detik

  7. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +0,783 detik

  8. Jack Miller (Ducati Lenovo) +0,795 detik

  9. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +0,852 detik

  10. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +0,934 detik

  11. Pol Espargaro (Repsol Honda) +1,016 detik

  12. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) +1,105 detik