POPULAR STORIES

Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2022 : Aleix Espargaro Rebut Pole Position

Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2022 : Aleix Espargaro Rebut Pole Position Sumber Foto : MotoGP & pihak tim

KabarOto.com – Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro berhasil merebut pole positon usai menjadi pembalap tercepat di Kualifikasi (Q2) MotoGP Catalunya, Sabtu (4/6).

Pembalap asal Spanyol itu mampu tampil cepat di atas Aprilia RS-GP dengan catatan waktu 1:38,742 detik. Torehan tersebut juga memecahkan rekor lap Sirkuit Catalunya. Sebelumnya, pada sesi latihan bebas (FP3) dengan catatan 1:38,771 detik. Artinya, Aleix mampu membuat dua rekor lap sekaligus.

Baca juga: Stefan Bradl Gantikan Marquez Di MotoGP Catalunya 2022

Aleix pakai helm livery spesial di GP Catalunya 2022

Bagi Aleix, ini merupakan pole keduanya di musim ini setelah GP Argentina di kelas MotoGP. Kesukesan ini akan memperlebar peluang pembalap bernomor 41 itu meraih kemenangan keduanya.

“Iya kondisi trek hari ini benar-benar tricky. Saat memulai kualifikasi saya menggeber motor secepat mungkin. Tentu, saya tidak menyangka bisa mencetak waktu yang sangat luar biasa. Jujur, saya tidak menikmati catatan waktu, tetapi saya mampu melewati sektor pertama tanpa membuat kesalahan,” ungkap Aleix Espargaro.

Peringkat kedua kualifikasi direbut oleh Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dengan gap 0,031 detik. Lalu, posisi tiga besar di tempati Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dengan gap 0,217 detik.

Baris kedua grid start diisi oleh Johann Zarco (Prima Pramac Racing) dengan gap +0,285 detik, Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing) gap +0,357 detik, dan Jorge Martin (Prima Pramac Racing) gap +0,400 detik yang mengisi posisi P4 sampai P6.

Baca juga: Duo Pembalap Ducati Percaya Diri Hadapi MotoGP Catalunya 2022

“Sangat baik, kami melakukan pekerjaan yang luar biasa hari ini. Saya tidak menyangka bisa mencetak catatan waktu tersebut. Aleix sangat cepat dan sulit ditaklukkan. Tetapi, kami dapat memperketat gap dan saya bersemangat untuk balapan besok,” ungkap Francesco Bagnaia.

Persaingan di Q2 berlangsung sengit sejak awal. Lima menit berlangsung, Martin melesat ke P1 mungungguli Bagnaia dan Maverick Vinales (Aprilia Racing). Namun, hanya berselang beberapa menit, Quartararo berhasil merebut posisi pertama dan mampu memimpin hingga separuh sesi. Kenunggulan El Diablo saat itu hanya 0,012 detik dari Bagnaia.

Hingga tiga menit terakhir, Quartararo masih kokoh memimpin yang dibayangi oleh Bagnaia dan Aleix. Bagnaia langsung merebut posisi pertama. Tetapi, dua menit menjelang kualifikasi selesai, Aleix mampu melewati catatan waktu Bagnaia dan berhasil merebut pole tertinggi di Catalunya.

Baca juga: Jadwal MotoGP Catalunya 2022

“Iya hari ini sangat berat. Kemarin saya juga berusaha keras karena grip yang sangat minim. Dan kami mampu meraih pole position dan saya sangat senang dengan raihan ini. Pihak tim juga berhasil merubah motor dan kami mampu tampil lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Fabio Quartararo.

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2022 :

  1. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) 1:38,742 detik

  2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +0,031 detik

  3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +0,186 detik

  4. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) +0,285 detik

  5. Fabio Di Giananntonio (Gresini Racing) +0,357 detik

  6. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) +0,400 detik

  7. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +0,403 detik

  8. Maverick Vinales (Aprilia Racing) +0,655 detik

  9. Luca Marini (Mooney VR46) +0,709 detik

  10. Pol Espargaro (Repsol Honda) +0,735 detik