POPULAR STORIES

Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2022: Johann Zarco Raih Pole Position

Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2022: Johann Zarco Raih Pole Position Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Pramac Racing, Johann Zarco berhasil meraih pole position usai mencetak waktu tercepat di sesi kualifikasi (Q2), Sabtu (23/4).

Setelah matahari sempat bersinar pada sesi Latihan Bebas (FP4), hujan kembali mengguyur Sirkuit Algarve. Rintik hujan kembali membasahi lintasan pada awal sesi Q1 dan membuat para pembalap kebingungan saat memilih ban. Tidak heran, dengan kondisi tersebut sempat membuat beberapa pembalap seperti Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), dan Remy Gardner terjatuh.

Baca Juga : Jelang MotoGP Portugal 2022, Ini Titik Pengereman Sirkuit Portimao

Francesco Bagnaia kecelakaan

Kedua pembalap itu nekat menggunakan ban kering di saat lintasan masih basah. Alhasil, mereka kehilangan kendali hingga mengalami kecelakaan. Hal tersebut membuat Bagnaia harus memulai balapan di posisi terakhir. Tetapi, usai kecelakaan Bagnaia harus dilarikan ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Saat insiden terjadi, motor kami benar-benar hancur karena kerikilnya terlalu besar, tidak seperti gravel standar yang seharusnya. Tentu, kami harus bicarakan ini dengan Safety Commision (MotoGP) demi keselamatan kami dan motor,” ungkap Francesco Bagnaia.

Alex Marquez (LCR Honda) mampu melaju ke Q2 usai memuncaki Q1 dengan torehan waktu 1:46,569 detik pada lima menit pertama. Tidak lama setelah itu, catatan Alex mampu dipatahkan oleh Joan Mir (Suzuki Ecstar) dengan waktu 1:45,414 detik.

Joan Mir start posisi kedua

“Sangat senang hari ini dan tidak menyangka saya bisa tampil secepat ini. Tetapi, hari ini sangat ‘tricky’ dan saat FP4 menggunakan ‘wet tyre’. Saya juga senang bisa naik ke Q2 usai melihat hasil bagus di Q1. Saat terakhir kami memakai ban slick dan menggeber motor hingga batasnya,” ungkap Johann Zarco.

Lalu, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) menggeber M1 miliknya hingga meraih posisi kedua. Tidak lama setelah itu, Johann Zarco membuat lompatan besar dengan mengambil alih posisi terdepan dengan waktu 1:43,151 detik. Tetapi, Mir mencoba menyerang kembali saat menyisakan dua menit terakhir dan mampu merebut posisi puncak.

Baca Juga : Jadwal MotoGP Portugal 2022

Aleix Espargaro start posisi ketiga

Persaingan tidak berhenti di situ, Zarco tidak tinggal diam dan menyalip Mir, namun posisi terdepan sempat diambil alih oleh Jack Miller (Ducati Lenovo). Detik-detik terakhir, Marc Marquez (Repsol Honda) mampu mencetak waktu tercepat.

“Iya di kondisi normal biasanya kami agak kesulitan untuk mencetak waktu terbaik. Tetapi, dengan kondisi saat ini kami bisa memberikan hasil yang lebih baik. Jadi, saya senang dengan start di baris terdepan dan saya juga senang bahwa kami bisa meningkat secara bertahap. Jadi, kami bisa berharap bisa tampil cepat untuk balapan besok karena akan menjadi balapan yang cukup berat,” ungkap Joan Mir.

Sayangnya, catatan waktunya dibatalkan usai yellow flag berkibar karena Pol Espargaro mengalami kecelakaan. Pada akhirnya, Zarco berhasil membukukan waktu tercepat dengan 1:42,003 detik.

Berikut hasil kualifikasi MotoGP Portugal 2022 :

1.Johann Zarco (Pramac Racing) 1:42,003 detik

2.Joan Mir (Suzuki Ecstar) +0,195 detik

3.Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +0,232 detik

4.Jack Miller (Ducati Lenovo) +0,500 detik

5.Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +0,713 detik

6.Marco Bezzechi (Mooney VR46) +0,713 detik

7.Alex Marquez (LCR Honda) +0,900 detik

8.Luca Marini (Mooney VR46) +1,176 detik

9.Marc Marquez (Repsol Honda) +1,572 detik

10.Pol Espargaro (Repsol Honda) +1,829 detik