Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2021: Francesco Bagnaia Raih Pole Position Perdana

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2021: Francesco Bagnaia Raih Pole Position Perdana Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, menjadi pembalap tercepat di kualifikasi GP Qatar di Sirkuit Internasional Losail dengan waktu lap tercepat pada Sabtu (27/3) malam.

Pembalap dengan panggilan Pecco ‘Bagnaia’ itu berhasil meraih pole position pertama sepanjang karirnya di kelas utama usai menjadi yang tercepat di kualifikasi kedua (Q2) GP Qatar 2021. Pecco yang baru bergabung dengan tim pabrikan Ducati tersebut mampu mencetak waktu 1:52,722 detik.

Baca Juga : Inovasi Baru Rem Brembo Untuk MotoGP 2021


"Saya merasa nyaman dengan Ducati Desmosedici GP dan puas dengan apa yang sudah dilakukan di kualifikasi ini. Start dari Pole Position sebagai babak awal karir saya bersama Ducati Lenovo," buka Bagnaia.

Meski begitu dirinya sempat alami kesalahan pemilihan ban yang membuat hasil di FP4 tak memuaskan. Namun dirinya sudah sangat yakin akan lebih kuat saat balapan.

"Akan sangat krusial agar bisa konsisten menjaga kecepatan motor mulai dari start hingga finis," jelas pembalap bernomor 63 ini.

Bagnaia pun menjadi pembalap pertama yang mampu melibas waktu lap Losail di bawah 1:53 menit. Alhasil, dirinya mencetak rekor lap baru di Sirkuit Losail yang sebelumnya dipegang oleh Marc Marquez (Repsol Honda) dengan 1:53,380 detik pada 2019.

Di belakang Bagnaia, ada duo pembalap tim pabrikan Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales, start dari posisi ke-2 dan ke-3. Posisi ini tentunya menimbulkan persaingan awal di kubu pabrikan Yamaha.

"Sayang sekali saya tak bisa lakukan flying lap kedua di second run - saat itu bendera sudah berkibar di detik terakhir," ketus Quartararo yang gunakan nomor 20 untuk motornya.

Tapi dirinya mengaku cukup senang bisa start dari baris depan dengan catatan waktu yang luar biasa. Di FP4 dirinya sempat melakukan yang dirinya tidak suka. "Saya tidak merasakan motor enak digeber, tapi sepertinya saya punya potensi untuk balapan nanti."



Quartararo akan menggunakan motor yang dipakai untuk kualifikasi, karena dirinya menganggap enak dilesatkan. "Seperttinya setelan motornya tepat saat kualifikasi. Sehingga saya pertahankan untuk balapan. Tak sabar rasanya!"

Sementara itu Vinales merasa sangat puas, karena memang targetnya berada di baris terdepan saat start. Dirinya sempat mengluhkan ada banyak debu di tikungan 1 ketika lap terakhir, sehingga dirinya menahan untuk menggeber motor.



"Setidaknya bisa tembus 1:53 detik itu sudah membuat saya senang. Motor bisa melaju luar biasa saat petang hari. Saya menikmati laju motor di FP4 dan motor bisa dikendalikan," yakin VInales.

Namun dirinya mengakui masih banyak yang bisa disempurnakan dan senang bisa mendapatkan motor sangat kencang. "Ini bagus buat kita, dan saya ingin memberi selamat kepada tim yang akhirnya bisa mendapatkan motor bagus dan siap untuk balapan."

Banyak kejutan terjadi saat kualifikasi berlangsung termasuk sang legenda, Valentino Rossi yang baru saja memulai debutnya bersama Petronas Yamaha mampu bersaing dan meraih posisi start ke-4. Rossi membuntuti Bagnaia ketika kualifikasi jelang usai kualifikasi, dari sebelumnya hanya bertengger di posisi 12 tiba-tiba tembus ke lima besar.

Baca Juga : Stefan Bradl Bakal Gantikan Marquez Di 2 Seri MotoGP 2021

Hasil mengejutkan juga dialami oleh Jack Miller (Ducati Lenovo) yang hanya mampu start dari posisi ke-5 setelah terpaut 0,443 detik dari rekan satu timnya, Bagnaia. PAdahal dirinya sudah digadang-gadang para pemerhati MotoGP bakal kejutkan di awal musim. Kita tunggu saja!

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2021 :

1.Francesco Bagnaia #63 (Ducati lenovo) 1:52.722 detik
2.Fabio Quartararo #20 (Monster Energy Yamaha) +0.266 detik
3.Maverick Vinales #12 (Monster Energy Yamaha) +0.316 detik
4.Valentino Rossi #46 (Petronas Yamaha) +0.342 detik
5.Jack Miller #43 (Ducati Lenovo) +0.443 detik
6.Johann Zarco #5 (Pramac Racing) +0.514 detik
7.Franco Morbidelli #21 (Petronas Yamaha) +0.541 detik
8.Aleix Espargaro #41 (Aprilia Gresini) +0.543 detik
9.Alex Rins #42 (Suzuki Ecstar) +0.718 detik
10.Joan Mir #36 (Suzuki Ecstar) +0.910 detik
11.Takaaki Nakagami #30 (LCR Honda) +0.949 detik
12.Pol Espargaro #44 (Repsol Honda) +1.158 detik