Inovasi Baru Rem Brembo Untuk MotoGP 2021

Inovasi Baru Rem Brembo untuk MotoGP 2021 Sumber Foto : Brembo

KabarOto.com – Menyambut musim baru MotoGP 2021, pabrikan rem Brembo mengaplikasikan inovasi baru yakni cakram berventilasi dan beberapa opsi untuk pembalap.

Perusahaan ini menyuplai 11 tim MotoGP dengan sistem yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembalap. Akan menarik untuk mengetahui bagaimana setiap tim MotoGP mencoba memahami sistem pengereman Brembo dan membuat pilihan dengan beberapa fitur-fitur baru.

Baca juga: Simak Detail Aprilia RS-GP
Kaliper GP4 baru dengan cakram berbahan karbon

Semua tim bakal mengandalkan rem tingkat tinggi, keandalan dan keselamatan dijamin oleh Brembo. Setiap skuad mendapatkan paket kaliper, cakram, silinder master rem dan bantalan master kopling. Setiap pembalap diberi kesempatan untuk memodifikasi sistem rem sesuai dengan gaya berkendara, karakteristik lintasan dan strategi balapan.

Untuk musim 2021, Brembo memberikan inovasi yakni cakram berventilasi baru yang diuji saat tes Qatar 2021. Selain itu, pabrikan rem asal Italia ini menawarkan cakram segi lima dengan dua jenis material (High-Mass dan Standar) untuk 10 opsi.

Master rem MotoGP 2021

Baca juga: Perhatikan Ini, Penyebab Rem Mobil Blong

Sebagian besar pembalap tampaknya memilih cakram ukuran 340, terbagi antara High-Mass (range tinggi) dan Standar (range rendah). Beberapa tim juga memilih tipe standar dengan cakram high-mass 320 mm. Cakram berventilasi karbon ini diklaim dapat mengurangi panas lebih baik. Tentu, cakram baru ini sangat cocok digunakan untuk beberapa sirkuit seperi Spielberg, Motegi, Sepang dan Buriram.

Tampilan dasbor MotoGP 2021

Selain cakram, kaliper 4 piston GP4 juga telah dikonfirmasi untuk musim baru. Kaliper monoblock berbahan aluminium padat ini dilengkapi dengan sistem anti-drag. Kaliper ini juga memiliki perangkat pegas yang befungsi untuk mengurangi residu torsi dan menghindari kontak antara bantalan dan cakram saat rider tidak mengaktifkan rem.