POPULAR STORIES

Hasil MotoGP Australia 2022 : Alex Rins Raih Kemenangan, Fabio Quartararo Crash

Hasil MotoGP Australia 2022 : Alex Rins Raih Kemenangan, Fabio Quartararo Crash Alex Rins raih kemenangan di GP Australia 2022 (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Pembalap tim Suzuki Ecstar, Alex Rins berhasil raih kemenangan di MotoGP Australia, Minggu (16/10) usai terjadi duel apik.

Jorge Martin (Prima Pramac Racing) mampu melakukan start yang bagus dan sempat mempertahankan posisi terdepan dari serangan Marc Marquez (Repsol Honda). Sementara, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) sempat naik ke posisi ketiga, dengan Francesco Bagnaia turun posisi kelima karena sempat mengalami sedikit masalah saat melakukan start.

Baca Juga : Resmi! Hairpin Philip Island Berubah Nama Menjadi Miller Corner

Selepas dua lap, Jack Miller (Ducati Lenovo) berhasil menyalip Quartararo dari posisi kelima. Tidak lama kemudian, para rider Ducati menyalip Aleix Espargaro (Aprilia Racing). Posisi El Diablo pun merosot hingga menempati posisi ketujuh lalu membuat kesalahan di Miller Corner (Tikungan 4) dan melaju lurus keluar.

Marc Marquez raih podium kedua

“Terakhir saat Suzuki membalap di sini tidak memiliki feeling yang baik di Philip Island,” ungkap Alex Rins.

Lap keenam, Bagnaia mengambil alih posisi ketiga dari Miller. Di saat yang sama, Alex Rins melesat ke posisi empat. Ada insiden pada lap kesembilan, di mana Alex Marquez (LCR Honda) salah perhitungan saat mengerem sehingga menabrak Miller di Tikungan 4. Tidak berlangsung lama, Quartararo juga kecelakaan di Tikungan 2 usai ban depannya kehilangan grip.

Lap ke-17, Rins terus memberikan tekanan kepada Bagnaia dan Marquez. Adapun ancaman lainnya dari Marco Bezzecchi (Mooney VR46) yang mengincar podium. Di lap terakhir, Rins ingin menyerang sekali lagi saat mendapatkan celah.

“Iya, kami memilih pilihan yang terbaik dengan ban komponen soft untuk belakang. Saat memulai balapan, saya cukup bekerja keras untuk menyesuaikan feeling motor. Tetapi, setelah itu saya mendapatkan feeling dan dapat mengejar ketinggalan,” ungkap Marc Marquez.

Baca Juga : Pembalap Gresini Racing Butuh Performa Maksimal Untuk Bersaing Di MotoGP Australia

Francesco Bagnaia raih podium ketiga

Kesempatan itu datang saat Marquez menempel ketat dan menyalip Bagnaia secara bersamaan. Dua pembalap pabrikan Jepang itu akhirnya berhasil mengamankan podium dengan Bagnaia finis podium ketiga. Kini, pembalap bernomor 63 itu unggul di puncak klasemen sementara dengan keunggulan 14 poin.

Dengan raihan ini, Marquez kini bersanding dengan Angel Nieto sebagai pemilik podium terbanyak kelima dalam sejarah ajang balap bergengsi tersebut dengan 139 podium. Sedangkan, Marco Bezzecchi resmi meraih gelar Rookie of the Year 2022.

“Saat-saat di lap terakhir, saya bermain aman karena kondisi ban yang tidak mumpuni. Ketika saya melihat Quartararo jatuh saya berharap dia baik-baik saja. Iya, walaupun finis ketiga tidak apa-apa. Saya senang dengan hasil ini,” ungkap Francesco Bagnaia.

Berikut Hasil MotoGP Australia 2022 :

1.Alex Rins (Suzuki Ecstar)

2.Marc Marquez (Repsol Honda) +0,816 detik

3.Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +0,224 detik

4.Marco Bezzecchi (Mooney VR46) +0,534 detik

5.Enea Bastianini (Gresini Racing) +0,557 detik

6.Luca Marini (Mooney VR46) +0,688 detik

7.Jorge Martin (Prima Pramac Racing) +0,884 detik

8.Johann Zarco (Prima Pramac Racing) +3,141 detik

9.Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +4,548 detik

10.Brad Binder (Red Bull KTM) +5,940 detik