Hasil MotoGP Belanda 2022: Bagnaia Tercepat, Marco Bezzecchi Tak Percaya Bisa Naik Podium

Hasil MotoGP Belanda 2022: Bagnaia Tercepat, Marco Bezzecchi Tak Percaya Bisa Naik Podium Francesco Bagnaia (Foto: MotoGP)

KabarOto.com – Pembalap tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia raih kemenangan GP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6).

Sejak awal balapan, Bagnaia langsung memimpin setelah Tikungan 1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) mengikuti di posisi kedua dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) di posisi ketiga usai start dari posisi kelima.

Memasuki lap kelima, Quartararo yang berusaha mengambil posisi kedua milik Espargaro mengalami kecelakaan hingga menyenggol pembalap asal Spanyol itu. Baik El Diablo dan Aleix masih mampu melanjutkan lomba. Tetapi, sang pemimpin klasemen itu tercecer di posisi paling belakang dan Aleix merengsek posisi ke-13.

Baca Juga : Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2022: Francesco Bagnaia Raih Pole Position, Cetak Rekor Lap Baru

“Saya sudah memimpin sejak awal balapan dan terasa sangat lama hingga finis. Saya sangat senang setelah dua balapan sebelumnya yang hasilnya tidak baik,” ungkap Francesco Bagnaia.

Marco Bezzecchi raih podium kedua

Quartararo yang masih mampu melanjutkan balapan sayangnya harus terjatuh untuk kedua kalinya di Tikungan 5. Bagi pembalap bernomor 20 itu ini merupakan kecelakaan pertama kali di musim 2022. Adapun pembalap Yamaha lainnya, Darryn Binder (WithU Yamaha RNF) juga mengalami kecelakaan di lap kedelapan dan tidak mampu melanjutkan balapan.

Podium kedua diamankan oleh Marco Bezzecchi (Mooney VR46) dengan gap 0,444 detik. Bagi rookie tersebut, ini merupakan podium pertama di kelas MotoGP.

“Sesuatu yang tidak bisa dipercaya, saya berterima kasih kepada keluarga dan tim yang telah mendukung saya. Dan sekarang saya bisa liburan dengan senang,” ungkap Marco Bezzechi.

Baca Juga : Resmi! BMW M3 Touring Terbaru Jadi Safety Car MotoGP 2022

Vinales raih podium ketiga

Podium tiga ditempati oleh Maverick Vinales (Aprilia Racing) dengan gap +1,209 detik. Bagi pembalap berjulukan Top Gun itu, hasil ini menjadi podium pertama dalam musim ini bersama pabrikan asal Italia. Posisi lima besar, diisi oleh Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang telah melakukan manuver apik dengan melewati Brad Binder (Red Bull KTM) dan Jack Miller (Ducati Lenovo) sekaligus.

“Setiap kali kami balapan kami merasakan ada peningkatan. Saya ingin berterima kasih kepada keluarga dan para kru yang telah bekerja keras,” ungkap Maverick Vinales.

Setelah GP Belanda, para pembalap kelas utama ini akan menikmati libur musim panas selama lima minggu dan baru kembali turun di Sirkuit Silverstone dalam gelaran GP Inggris 7 Agustus mendatang.

Hasil podium MotoGP Belanda 2022

Berikut Hasil MotoGP Belanda 2022 :

1.Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

2.Marco Bezzecchi (Mooney VR46) +0,444 detik

3.Maverick Vinales (Aprilia Racing) +1,209 detik

4.Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +2,585 detik

5.Brad Binder (Red Bull KTM) +2,721 detik

6.Jack Miller (Ducati Lenovo) +3,045 detik

7.Jorge Martin (Prima Pramac Racing) +4,340 detik

8.Joan Mir (Suzuki Ecstar) +8,185 detik

9.Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +8,325 detik

10.Alex Rins (Suzuki Ecstar) +8,596 detik