POPULAR STORIES

Hasil MotoGP Jerman 2022 : Fabio Quartararo Menang Telak, Bagnaia Terjatuh

Hasil MotoGP Jerman 2022 : Fabio Quartararo Menang Telak, Bagnaia Terjatuh Sumber Foto : MotoGP & pihak tim

KabarOto.com – Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo menjadi pemenang baru MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (19/06).

Sejak awal balapan, Quartararo berhasil melakukan start yang bagus dan berhasil memimpin balapan dari Tikungan pertama melewati Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo). Tetapi, Bagnaia tidak diam saja dan memberikan perlawan sengit.

Baca juga: Aleix Espargaro Termotivasi Hadapi MotoGP Jerman

Sayangnya, nasib sial menimpa Bagnaia. Dirinya terjatuh saat memasuki lap keempat di Tikungan 1. Alhasil, El Diablo melaju hingga akhir finis tanpa hambatan dan berhasil merebut rekor kemenangan yang dipegang oleh Marc Marquez (Repsol Honda) sebanyak delapan kali di kelas MotoGP.

“Saya merasa lelah, selama akhir pekan ini cukup berat untuk saya. Tetapi, saat balapan saya merasa nyaman. Dan, kami berhasil karena memilih ban yang cocok untuk balapan hari ini. Saya sangat senang hari ini, dapat tampil cepat dari pembalap lainnya," ungkap Fabio Quartararo.

Johann Zarco raih podium kedua

Podium kedua diamankan oleh Johann Zarco (Prima Pramac Racing) dengan gap +4,939 detik. Zarco juga mampu tampil apik dan konsisten dalam menjaga posisinya, meski dirinya tidak bisa mengejar Quartararo yang sudah jauh.

Sedangkan, posisi tiga besar ditempati oleh Jack Miller (Ducati Lenovo) dengan gap +8,372 detik. Sebelumnya, posisi ketiga diisi oleh Aleix Espargaro (Aprillia Racing), tetapi dirinya tidak bisa menahan tekanan dari pembalap asal Australia itu dan melebar di tiga lap terakhir. Alhasil, pembalap Aprillia itu harus puas finis di posisi keempat.

Baca juga: Mulai MotoGP 2023, Jenis Kompon Ban Belakang Akan Dikurangi

Adapun, Luca Marini (Mooney VR46) juga tampil konsisten sejak awal balapan. Dirinya mampu menjaga ritme dan berhasil finis di posisi lima besar.

“Balapan hari ini cukup sulit. Karena saya menggunakan ban bekas, dan saya tidak tampil agresif. Ketika Pecco kecelakaan, saya ingin mengejar Fabio karena dia menggunakan ban medium saya kira dia akan melambat di beberapa lap terakhir. Tetapi, sayangnya saya tidak bisa mengejarnya," ungkap Johann Zarco.

Jack Miller raih podium tiga besar

Selain Bagnaia, beberapa pembalap lainnya juga mengalami kecelakaan seperti Joan Mir (Suzuki Ecstar), Darryn Binder (WithU Yamaha RNF), dan Duo pembalap LCR Honda, Alex Marquez, Takaaki Nakagami. Selain kecelakaan, Maverick Vinales (Aprillia Racing) yang sempat menempati posis keempat mengalami masalah teknis usai perangkat Ride Height Device bermasalah di 11 lap terakhir. Alhasil, dirinya harus menyelesaikan balapan lebih awal.

“Iya tadi saya mengerem terlambat jadi saya melebar. Tapi, saya cukup percaya diri karena grip ban hari ini cukup baik. Ketika Pecco kecelakaan, saya berniat untuk mengisi posisinya. Tetapi, karena terlalu nafsu saya sering melebar saat mengejar Aleix. Maaf untuk Pecco, semoga dia bisa tampil lebih baik untuk balapan berikutnya," ungkap Jack Miller.

Berikut Hasil MotoGP Jerman 2022 :

  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)

  2. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) +4,939 detik

  3. Jack Miller (Ducati Lenovo) +8,372 detik

  4. Aleix Espargaro (Aprillia Racing) +9,113 detik

  5. Luca Marini (Mooney VR46) +11,679 detik

  6. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) +13,164 detik

  7. Brad Binder (Red Bull KTM) +15,405 detik

  8. Fabio DI Giannantonio (Gresini Racing) +15,851 detik

  9. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +19,740 detik

  10. Enea Bastianini (Gresini Racing) +21,611 detik