Hasil MotoGP Prancis 2022: Fabio Quartararo Lontarkan Alasan Tak Raih Podium

Hasil MotoGP Prancis 2022: Fabio Quartararo Lontarkan Alasan Tak Raih Podium Foto: Yamaha Motor Racing Srl

KabarOto.com - Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) menegaskan pupus dari podium MotoGP Prancis, Minggu (15/5). Padahal banyak fans membanjiri sirkuit Le Mans, berharap pembalap Prancis ini bisa naik podium kemenangan.

Tak bisa berbuat banyak akibat dua pembalap pengguna Ducati yakni Enea Bastianini dan Jack Miller, serta pembalap Aprilia Aleix Espargaro sangat kencang di atas motornya. Quartararo akhirnya hanya finis posisi empat, mebuatnya banyak alasan dilontarkan.

Baca juga: Resmi! Nomor 46 Dipensiunkan dari MotoGP

Quartararo memastikan akibat start yang jelek, meski start dari posisi empat namun selepas start terlepar ke posisi delapan. Pembalap berjulukan El Diablo ini akhirnya bisa mendapat ritme untuk menyalip pembalap di depannya.

"Saya berharap banyak di balapan ini. Start saya tidak bagus. Motor terbilang kencang dengan pembalap di depan, tapi inilah hasil terbaik yang bisa saya perbuat," ujar Quartararo.

Meski dibilang Quartararo sangat memahami detail sirkuit Le Mans, namun dirinya mengakui sangat sulit untuk menyalip motor racikan Italia tersebut. "Sangat sulit untuk menyalip sehingga kita harus memerhatikan hal ini. Tapi saya tidak menyerah," yakin pembalap bernomor 20 ini.



Quartararo menegaskan bahwa dirinya beberapa kali nyaris terjatuh saat balapan, tapi dirinya meyakini mengerahkan segalanya 100%, dengan target bisa naik podium di sirkuit sepanjang 4,185 km tersebut.

"Sepertinya saya harus mengambil risiko lebih, sehingga bisa mempertahankan posisi saya di klasemen juara dunia," harapnya.

Massimo Meregalli selaku team Director Monster Energy Yamaha MotoGP tak ingin disalahkan dan memastikan bahwa semuanya sudah dipersiapkan untuk kemenangan, hingga sesi kualifikasi agar mendapat start yang sempurna. "Ketika tak bisa start sempurna, seperti apa yang terjadi dengan Fabio, menjadi sangat sulit, meskipun motor Fabio sangat kencang tapi tak bisa memberikan kesempatan itu," ujar Meregalli.

Baca juga: Hasil MotoGP Prancis 2022 : Enea Bastianini Raih Kemenangan

Dirinya menjelaskan bahwa untuk menyalip di sirkuit seperti Le Mans, dengan lay-out nya sangat menyulitkan bagi tim Monster Energy Yamaha MotoGP. "Setidaknya kami sudah berusaha mempersiapkan situasinya setiap balapan demi balapan," yakin Maregalli.

Saat ini posisi puncak masih dipegang oleh Quartararo dengan 102 poin, terpaut tipis dengan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) miliki 98 poin, kemudian posisi tiga ada Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP) kantongi 94 poin.