Resmi! Nomor 46 Dipensiunkan Dari MotoGP

Resmi! Nomor 46 Dipensiunkan dari MotoGP Sumber Foto : Dorna Sports

KabarOto.com – Setelah pembalap legendaris Valentino Rossi pensiun dari Kejuaraan Dunia Balap Motor, nomor 46 miliknya akan dipensiunkan dari MotoGP.

Rossi resmi gantung helm dari MotoGP pada akhir musim 2021 usai GP Valencia. Pembalap berjulukan The Doctor itu telah berkarier selama 26 tahun dan telah meraih sembilan gelar Juara Dunia.

Dirinya juga berhasil mencatatkan 115 kemenangan dan 235 podium di semua kategori dari 125 cc, 250 cc, 500 cc, hingga MotoGP. Selain itu, The Doctor juga mendirikan VR46 Riders Academy dan membentuk VR46 Racing Team di musim 2022.

Baca Juga : Target Livio Suppo Untuk Suzuki Sebelum Tinggalkan MotoGP

Tentu, pihak Dorna Sports selaku penyelenggara ajang balap bergengsi itu memberikan gelar Legenda MotoGP pada tahun lalu. Kini, nomor khas 46 di motornya akan dipensiunkan melalui seremoni di Sirkuit Mugello pada akhir Mei ini.

“Seremoni berlangsung di lurusan sirkuit pada Sabtu, tepat sebelum kualifikasi. Rossi akan hadir saat warisannya dihormati dan nomornya dipensiunkan dan akan masuk ke dalam Hall of Fame dan bersanding dengan para Legenda lainnya,” ungkap pihak Dorna Sports melalui pernyataan resmi.

Rossi mendatangi fans usai GP Valencia 2021

Saat masih aktif berkarier di balap motor, Rossi sempat mengakui bahwa dirinya tidak ingin nomor balapnya dipensiunkan ketika ia sudah memutuskan gantung helm. Meski begitu pihak Dorna memutuskan untuk tetap mempensiunkan nomor 46 demi menghormati sang pembalap.

“Saya sangat lega bisa mengetahui bahwa selama karier saya bisa menjadi sesuatu yang berbeda. Menjadi ikon dan kehormatan yang luar biasa untuk saya,” ungkap Valentino Rossi.