POPULAR STORIES

Hasil Race 1 WSBK Mandalika 2021 : Rea Finis Pertama, Toprak Juara Dunia

Hasil Race 1 WSBK Mandalika 2021 : Rea Finis Pertama, Toprak Juara Dunia Sumber Foto : WSBK & Pihak Tim

KabarOto.com – Pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu akhirnya mematahkan dominasi Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) dan tampil sebagai Juara Dunia WSBK 2021, usai Race 1 WSBK Mandalika 2021 di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11).

Toprak keluar sebagai juara dunia baru walau finis kedua di belakang Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team). Posisi ketiga ditempati oleh Scott Redding (Aruba.IT).

Baca Juga : Begini Reaksi Beberapa Pembalap WSBK Usai Jajal Sirkuit Mandalika

Toprak memastikan gelar dengan keunggulan 25 poin atas Rea di posisi kedua di klasemen. Sisa 25 poin ini sebenarnya masih bisa diperebutkan di Race 2, tetapi pembalap asal Turki itu sudah unggul kemenangan Race 1 dan 2 di WSBK sepanjang musim ini.

“Pertama saya ucapkan terima kasih kepada keluarga dan tim saya. Sepanjang musim ini, banyak hal terjadi mulai hasil balapan yang baik hingga kecelakaan. Hari ini sangat spesial karena hasil balapan dan titel juara ini saya dedikasikan untuk bapak saya. Walaupun, bapak saya sudah tidak ada saya pikir dia melihat saya sekarang,” ungkap sang Juara Dunia WSBK 2021, Toprak Razgatlioglu.

Rea memulai balapan dengan baik hari ini. Pembalap asal Inggris itu langsung mengambil alih posisi pertama usai start. Toprak yang menempati posisi pole pertama sempat terlempar ke posisi ketiga karena melebar di tikungan. Namun, pembalap bernomor 54 itu mampu berduel dengan Redding dan berhasil finis kedua.

Rea finis pertama

Saat balapan, persaingan Rea vs Toprak sangat sengit. Saling salip di antara kedua pembalap terjadi. Saat 15 lap tersisa, Toprak sempat melewati Rea tetapi pembalap andalan Kawasaki itu kembali bisa merebut posisi terdepan.

“Iya hari ini kami mampu meraih target. Saya mampu menikmati balapan di sini. Tetapi, untuk Toprak mampu menyelesaikan balapan musim ini dengan luar biasa. Jadi, selamat untuk dirinya dan saya ingin pulang dan ingin bersiap untuk balapan musim depan,” ungkap Jonathan Rea.

Balapan tersisa 9 lap, Redding yang awalnya kesulitan kini bisa tampil lebih cepat. Pembalap Ducati itu sempat memimpin usai Toprak melebar di tikungan yang membuat dirinya diikuti oleh kompatriotnya, Rea di posisi kedua.

Baca Juga : Belum Pernah Icip Trek, Galang Hendra Optimis 10 Besar Di World Supersport Mandalika

Scott Redding podium ketiga

Tetapi, Redding tidak mampu bertahan dari serangan Rea di lima lap tersisa. Usai Rea memimpin, pertarungan sengit terjadi antara Redding dan Toprak untuk posisi kedua. Tidak butuh waktu lama, Toprak dengan gaya late brake-nya mampu melewati Redding di tikungan usai trek lurus di tiga lap terakhir.

Alhasil, Toprak mampu mempertahankan posisi kedua hingga finis. Posisi ini sudah cukup untuk memastikan dirinya menjadi Juara Dunia WSBK 2021.

“Iya, balapan hari ini sangat baik. Saya mampu tampil apik di tikungan pertama. Tetapi, ada kondisi di mana saya harus memperlambat laju motor. Tetapi, saya mampu kembali usai melakukan perubahan settingan motor. Jadi, balapan hari ini cukup berat dan saya berjuang selama akhir pekan ini. Saya mencoba untuk mengejar Toprak di dua lap terakhir tetapi tidak bisa,” ungkap Scott Redding.

Podium Race 1 WSBK Mandalika 2021

Berikut Hasil Race 1 WSBK Mandalika 2021:

1.Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team)

2.Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha)

3.Scott Redding (Aruba.IT)

4.Andrea Locatelli (Pata Yamaha)

5.Axel Bassani (Motocorsa Racing)

6.Micahel Van der Mark (BMW Motorrad)

7.Alvari Bautista (Team HRC)

8.Chaz Davies (Team Goeleven)

9.Leandro Mercado (Motorcorsa Racing)

10.Tom Sykes (BMW Motorrad)

11.Garret Gerloff (GRT Yamaha)

12.Michael Ruben Rinaldi (Aruba.IT)