POPULAR STORIES

Begini Reaksi Beberapa Pembalap WSBK Usai Jajal Sirkuit Mandalika

Begini Reaksi Beberapa Pembalap WSBK Usai Jajal Sirkuit Mandalika Sumber Foto : WSBK & Pihak Tim

KabarOto.com – Para pembalap World Superbike (WSBK) telah menjalani sesi Latihan Bebas (FP) 1 & 2 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Jumat (19/11).

Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah seri terakhir WSBK Indonesia 2021, yang sekaligus menjadi penentuan gelar juara dunia antara Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha) dengan Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team). Kedua pembalap tersebut memiliki selisih 30 poin.

Baca juga: Belum Pernah Icip Trek, Galang Hendra Optimis 10 Besar Di World Supersport Mandalika

Toprak mampu beradaptasi dengan cepat di Mandalika

Diprediksi balapan akan berjalan seru, lantaran semua rider WSBK belum memilki data informasi perihal karakteristik trek. Walaupun begitu, saat sesi FP1 Toprak mampu beradaptasi dengan cepat dan mampu tampil tercepat dengan catatan waktu 1:34,985 detik.

“Hari ini (Jumat) kami mampu tampil dengan cepat. Hari ini saya juga mendapatkan feeling yang baik dan saya suka dengan trek ini. Sangat fun untuk berkendara di sini. Saya juga senang balapan seri terakhir di Indonesia karena negara muslim ini membuat rasanya balapan seperti di kampung halaman. Sekarang saya merasa siap untuk balapan. Kami harus terus improve dan melawan para rival. Pasalnya, semuanya juga tampil cepat. Kami akan melakukan yang terbaik untuk balapan besok,” ungkap Toprak Razgatlioglu.

Diikuti oleh Alex Lowes (KRT) dengan 1:36,529 detik dan Garret Gerloff (GRT Yamaha) dengan 1:36,585 detik. Sayangnya, rival terberatnya Rea hanya mampu finis di posisi ke-11 dengan raihan waktu 1:37,386 detik.

Baca juga: Profil Sirkuit Mandalika Di Lombok Tengah

Jonathan Rea

Lalu, saat sesi FP2 Toprak kembali menjadi yang tercepat dengan raihan waktu 1:34,230 detik. Tetapi, kali ini Rea mampu memberi perlawanan dan berhasil menempati posisi ke-2 dengan raihan 1:34,404 detik. Posisi ke-3 diisi oleh Gerloff dengan 1:34,455 detik. Selain catatan waktu, top speed yang tercetak selama dua sesi Latihan bebas ini, Toprak mampu melesat hingga 164,6 kpj dan Rea 164,3 kpj.

“Trek ini sangatlah baik dengan layout yang saya suka. Tetapi, trek ini agak sedikit kotor terutama bagian off line. Saat sesi FP2, kami bisa tampil lebih cepat dari FP1. Di tikungan terakhir mengingatkan saya di Sirkuit Termas, Argentina. Tikungan 1 seperti Donington, dan tikungan dua ke tiga seperti tikungan 1 dan 2 di Misano tetapi lebih kecil. Kami harus improve lagi di beberapa sektor agar bisa tampil lebih baik saat balapan,” ungkap Jonathan Rea.

Sementara itu, para pembalap dari pabrikan Italia Ducati, Scott Redding bisa tampil kompetitif di FP1 dengan menduduki posisi ke-4 dengan raihan waktu 1:36,820 detik. Saat sesi FP2, dirinya mampu mencetak waktu lebih cepat yakni 1:34,579 detik tetapi menduduki posisi ke-5.

Baca juga: Jadwal WSBK Mandalika 2021

Scott Redding

“Saya puas apa yang kami lakukan hari ini. Impresi pertama saya tentang sirkuit ini sangatlah positif walaupun ada beberapa bagian yang sedikit kotor pagi ini. Tetapi, hal itu sangatlah normal mengingat ini adalah sirkuit baru. Kami tampil secepat mungkin untuk menjaga ritme balap dan memilih ban yang cocok untuk mengejar target waktu,” ungkap Scott Redding.

Tidak hanya itu, kali ini Honda mampu tampil cukup kompetitif. Alvaro Bautista mampu menggeber Honda CBR1000 RR-R di sesi FP1 dengan menempati posisi ke-6 dengan waktu 1:37,084 detik. Saat sesi FP2, Bautista mampu mempertajam catatan waktu menjadi 1:34,460 detik sebagai pembalap tercepat ke-4.

Alvaro Bautista

“Balapan di Mandalika sangatlah menyenangkan. Trek ini memiliki banyak keunikan dengan titik pengereman dan tikungan cepat. Di sana ada beberapa titik yang saya tidak mampu mencetak waktu cepat. Pagi ini (Jumat) kami memiliki grip yang sedikit, terutama di tikungan pertama. Tetapi, kami mampu memperbaikinya di sesi FP2. Kami juga mengubah sedikit di bagian transmisi dan memberikan dampak yang positif,” ungkap Alvaro Bautista.

Berikut Hasil FP2 WSBK Mandalika 2021:

  1. Toprak Razgatliouglu (Pata Yamaha) 1:34,230 detik

  2. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) +0,174 detik

  3. Garret Gerloff (GRT Yamaha) +0,225 detik

  4. Alvaro Bautista (Team HRC) +0,230 detik

  5. Scott Redding (Aruba.IT Racing) +0,349 detik

  6. Leon Haslam (Team HRC) +0,371 detik

  7. Alex Lowes (Kawasaki Racing Team) +0,528 detik

  8. Andrea Locatelli (Pata Yamaha) +0,647 detik

  9. Micahel Van Der Mark (BMW Motorrad) +0,708 detik

  10. Alex Bassani (Motocorsa Racing) +0,724 detik

  11. Mchael Ruben Rinaldi (Aruba.IT Racing) +0,727 detik

  12. Issac Vinales (Orelac Racing) +0,742 detik