POPULAR STORIES

Hasil Uji Tabrak, Suzuki S-Presso Hanya Dapat Bintang 1 Global NCAP

Hasil Uji Tabrak, Suzuki S-Presso Hanya dapat Bintang 1 Global NCAP Uji tabrak Suzuki S-Presso (Foto: Global NCAP)

KabarOto.com - Suzuki S-Presso hadir di Indonesia untuk mengisi pasar city car, harganya terjangkau. Fitur bisa dibilang cukup untuk digunakan sehari-hari. Namun bagaimana ketika mobil mungil ini saat diuji tabrak?

Global NCAP memberikan penilaian cukup kecil bagi S-Presso, ada 2 hasil, yakni bintang 1 dari tes di india, sementara bintang 3 oleh Automobile Association of South Africa bersama Global NCAP.

Tidak seperti biasanya, pengetesan hanya dilakukan untuk penumpang dewasa dan anak-anak saja. Tidak ada penilaian di sektor perlindungan pejalan kaki, dan fitur keamanan. Pasalnya S-Presso sendiri belum dibekali fitur keselamatan aktif, seperti sensor pendeteksi ataupun lane departure warning.

Baca Juga : Suzuki Nyatakan, Setahun Sebelum Pemilu Angka Penjualan Mobil Akan Naik

Namun dari hasil pengujian, bisa kita lihat bahwa 2 buah airbag di bagian depan S-Presso, berhasil bekerja sempurna ketika tabrakan terjadi. Namun Global NCAP mengatakan, perlindungan di bagian dada pun masih sangat minim. Jadi bisa dibilang bahaya. Padahal S-Presso versi Afrika Selatan, telah dibekali peranti stability control sebagai standar.

Ditambah lagi, mobil ini hanya bisa mengandalkan struktur bodi sebagai penahan ketika tabrakan terjadi dari samping. Sehingga, penumpang anak-anak di bagian belakang berisiko mengalami cedera cukup serius saat insiden.

Baca Juga : Hyundai Ioniq 6 Raih Bintang 5 Dari Euro NCAP

Kinerja keselamatan S-Presso di Afrika Selatan jauh dari memuaskan. Klaim peningkatan tidak tercermin pada perlindungan penumpang anak-anak dengan hasil yang sama untuk versi India. "Kami uji pada tahun 2020 lalu," ujar Alejandro Furas, Secretary General dari Global NCAP.