POPULAR STORIES

Hatchback Lincah Dan Gahar, Mercedes-Benz A45

Hatchback Lincah dan Gahar, Mercedes-Benz A45

KabarOto.com – Mercedes-Benz mengeluarkan varian S untuk hatchback A45 dengan nama A45 S AMG 4Matic, hal ini terungkap di Goodwood Festival of Speed menjelang peluncurannya pada akhir 2019.

Model A45 S AMG ini ditujukan untuk melanjutkan perjalanan generasi pendahulu mereka dengan performa yang luar biasa, dinamika berkendara terbaik dan desain ekspresif. Namun dengan penambahan komponen baru untuk model baru ini.

Mercedes-Benz selalu menghadirkan desain sporty dan keren, tak terkecuali dengan A45 S AMG yang memiliki bentuk grill besar di bagian depan dengan kontur lebih rendah. Bentuk kap mesin yang aerodinamis mendukung tampilan visual yang dinamis, untuk sistem penerangannya menggunakan lampu LED Projector serta LED DRL di bagian depan menambah kesan modern dan sporty.

Pelek berdesain palang dari alumunium ringan 19 inci dengan desain 5-twin-spoke memiliki lebar 8,5 inci, pelek dicat dengan warna abu-abu titanium, dibalut ban berukuran 245/35 R 19 di keempat rodanya.

Baca juga: Intip Kecanggihan Mercedes-Benz S600 Guard, Calon Mobil Dinas Baru Jokowi

Sistem pengereman menggunakan rem dengan kaliper 6-piston, menciptakan pengereman yang efektif. Kaliper rem berwarna merah dengan embos AMG berwarna hitam membuat penampilan mobil ini terlihat sporty dari samping.

Terlihat dua knalpot tailpipes twin berbentuk bulat berdiameter 90 mm menyatu dengan bumper belakang berukuran besar, kesan lebar di bagian belakang terlihat berkat kluster lampu belakang tipis dua bagian.

Diffuser belakang dengan 2 sirip kembar vertikal terletak diantara knalpot besar, tidak ketinggalan spoiler belakang terletak di atap belakang untuk meningkatkan aerodinamika yang semakin baik.

Berlanjut ke bagian interior, pengemudi dan penumpang akan dimanjakan dengan kabin mewah berkualitas tinggi khas Mercedes Benz, menggunakan kursi berkontur berlapis kulit buatan Artico dan serat mikro dari Dinamica.

Desain dasbor berwarna hitam dengan touchpad di bagian tengah untuk mengendalikan 3 level ESP, mode transmisi manual dan sistem peredam adaptif AMG RIDE CONTROL.

Terdapat suasana interior khas AMG seperti pedal dari baja stainless dengan karet, keset lantai berwarna hitam dengan huruf AMG, dan kabin secara keseluruhan berwarna hitam menambah kesan interior yang elegan dengan garis berwarna kuning dari depan sampai belakang kabin menekankan karakter mobil balap pada model S yang sporty.

Baca juga: Mercedes Benz EQV, MPV Mewah Bermesin Listrik

Sistem infotainment mobil ini menggunakan MBUX dengan tampilan khusus AMG, sistem ini menggunakan 2 layar yang terletak di dashboard, sistem ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai kondisi komponen mobil dan gaya pengendalian dari pengemudi serta fitur-fitur lain yang berguna saat memacu mobil ini di trek balap. Pengoperasiannya bisa dilakukan dengan menggunakan tombol atau perintah suara.

Dapur pacunya menggunakan mesin 4 silinder turbo berkapasitas 2.000 cc , sanggup menghasilkan tenaga sebesar 421 dk dan torsi maksimal 500 Nm pada 5.000-5.250 rpm, mesin ini diproduksi dengan prinsip "One Man, One Engine", prinsip ini merupakan filosofi yang mewajibkan 1 mesin untuk dibangun oleh 1 orang saja.

Mesin tersebut membuat mobil ini mampu menempuh kecepatan dari 0-100 kpj hanya membutuhkan waktu 3,9 detik, kecepatan maksimal pada mobil sudah diatur dari pabrik secara elektronik hingga 270 km/jam.

Tenaga mesin tersebut terhubung dengan transmisi dual-clutch AMG SPEEDSHIFT DCT 8G yang memberikan karakter pengendalian gesit dan dinamis, rasio roda gigi telah dikonfigurasi untuk menciptakan akselerasi spontan dikombinasikan dengan perpindahan gigi yang cepat. Transmisi tersebut dapat diatur karakter pengendaliannya sesuai kebutuhan pengemudi menggunakan AMG DYNAMIC SELECT.

Bagaimana dengan harganya? untuk harga dari mobil ini belum diinformasikan dari pihak Mercedes-Benz, namun besar kemungkinan A45 S AMG ini mulai diproduksi akhir tahun 2019 dan akan tiba pada kuartal pertama tahun 2020 bersamaan dengan dikeluarkannya CLA45 model yang baru. (Nora Dian Pratama)