Mercedes Benz EQV, MPV Mewah Bermesin Listrik

Mercedes Benz EQV, MPV Mewah Bermesin Listrik

KabarOto.com – Beberapa waktu lalu, Mercedes-Benz sempat memperkenalkan mobil konsep MPV EQV di ajang Geneva Motor Show pada Maret 2019. Mercedes-Benz EQV, merupakan MPV mewah bermesin full-listrik pertama dari pabrikan asal Jerman tersebut.

Diperkenalkan pertama kalinya kepada publik pada ajang pameran kendaraan di Frankfurt, Jerman yang berlangsung pada tanggal 12 hingga 22 September 2019. Mobil ini merupakan versi perbaikan dari MPV mewah V-Class yang tahun ini merilis model teranyarnya.

Secara visual, tampilan eksterior mobil ini terlihat seperti model V-Class bermesin bensin, desain resminya identik dengan konsep awal EQV yang dipamerkan saat maret 2019 lalu.

Bagian depan menghadirkan head lamp berteknologi LED dan DRL yang diapit oleh gril besar horisontal khas terinspirasi dari model EQC. Di bagian bumper terdapat port listrik untuk mengisi daya baterai listriknya.

Baca Juga: Mobil City Car 5 Penumpang Dibawah Rp200 Juta (Bagian 1)

Tampilan terlihat sporty berkat penggunaan pelek berukuran 19 inci two tone dengan aksen biru, krom pada gagang pintu elektrik dan roof rail di bagian atap.

Bagian belakang, tampilannya tidak jauh berbeda dengan model V-Class, menghadirkan lampu belakang LED dengan bentuk vertikal dan pintu belakang yang lebar guna mempermudah bongkar muat barang ke bagasi.

Terdapat aksen berwarna biru dan rose gold terlihat di bagian dasbor, dengan trim kulit berwarna biru pada armrest dan konsol tengah menambah kesan mewah dan elegan pada kabin, dan lampu ambient untuk pencahayaan kabin dimalam hari.

Setir menggunakan model 3 palang berlapis kulit Nappa dengan fitur penghangat untuk menambah kenyamanan saat mengemudi, terdapat tombol fitur untuk mengatur head unit dan instrument cluster.

Beralih ke bagian konsol tengah, terdapat sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience) siap memberikan hiburan selama perjalanan dan data kendaraan. Sistem MBUX mencakup fitur multimedia, sistem navigasi, telepon nikrabel dan integrasi aplikasi Mercedes Me untuk akses fitur mobil jarak jauh menggunakan smartphone.

Sistem MBUX bisa dioperasikan melalui perintah suara yang diaktifkan menggunakan kata kunci "Hey Mercedes". Sistem ini terintegrasi dengan mesin listrik, mampu memvisualisasikan data energi listrik yang digunakan, pengisian daya dan data konsumsi bahan bakar.

Mengusung konsep bebas emisi, EQV menggendong mesin listrik ringkas (eATS) di gandar depan bertenaga 201 dk dan torsi puncak 362 Nm, kecepatan tertinggi yang bisa diraih mesin listriknya mencapai 160 kpj.

Baca juga: Mobil City Car 5 Penumpang Dibawah Rp200 Juta (Bagian 2)

Mesin listrik yang berada dibalik kap mesin ditenagai baterai lithium ion berkapasitas 90 kWh ditempatkan di bawah lantai. Sebagai standar, Mercedes-Benz EQV dilengkapi dengan water-cooled on-board charger (OBC), teknologi ini berguna supaya daya baterai dapat diisi melalui pengisian daya bertegangan 11 kW, sehingga cocok untuk pengisian daya AC di rumah menggunakan wallbox Mercedes Benz atau di stasiun pengisian umum.

Baterai mobil juga dapat diisi dengan tegangan yang lebih besar mencapai 110 kW yang mampu mengisi daya lebih cepat, dari kapasitas baterai 10% hingga 100% dalam waktu kurang dari 1 jam, Mercedes-Benz mengklaim mobil ini mampu berjalan hingga 405 km.

Mercedes-Benz EQV akan dirakit di Vitoria, Spanyol bersamaan dengan perakitan Mercedes Benz Vito dan V-Class. Berbicara soal harga, Mercedes Benz belum menginformasikan harga resmi untuk EQV sampai debut pertama mobil ini di Frankfurt Motor Show September nanti. (Nora Dian Pratama)