Intip Kecanggihan Mercedes-Benz S600 Guard, Calon Mobil Dinas Baru Jokowi

Intip Kecanggihan Mercedes-Benz S600 Guard, Calon Mobil Dinas Baru Jokowi Mercedes-Benz S600 Guard (Daimler)

KabarOto.com - Dianggap sudah terlalu tua, pemerintah akhirnya memutuskan mengganti mobil dinas Presiden Joko Widodo (Jokowi) Mercedes-Benz S600 Guard lama, dengan model terbaru. Sedan S600 Guard yang saat ini digunakan, dibeli pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (tahun pembuatan 2008), berbarengan dengan S600 Pullman Guard (limosin).

Asisten Deputi Humas Kementerian Sekretariat Negara, Eddy Cahyono Sugiarto mengatakan, pengadaan mobil dinas baru untuk VVIP Kepresidenan, dikarenakan faktor kendaraan sudah berusia lebih dari 10 tahun.

Baca Juga: Toyota Crown 2.5 HV G-Executive, Mobil Dinas Baru Untuk Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf

"Berdasarkan pertimbangan teknis, antara lain faktor keamanan, keandalan, dan efisiensi atas biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian, maka perlu dilakukan penggantian," kata Eddy, dikutip dalam dalam situs resmi sekretaris negara.

Interior terlihat mewah

Adapun pengadaaan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit, dilakukan melalui sistem penunjukan langsung, mengingat diperuntukan pengamanan Presiden dan Wakil Presiden.

Namun, Dennis Kadaruskan, Manager Public Relations PT Mercedes-Benz Distributions Indonesia menyatakan, tidak bisa berkomentar terkait spesifikasi mobil kepresidenan yang akan digunakan oleh Presiden Joko Widodo dan calon Wakil Presiden Maruf Amin tersebut.

Dilengkapi kaca tebal anti peluru

"Mohon maaf sebelumnya, kami tidak bisa menyampaikan spesifikasi kendaraan yang dipesan oleh pihak Setneg. Akan lebih baik jika informasinya bisa diperoleh dari sana (Setneg)," katanya saat dihubungi KabarOto melalui pesan singkat.

Memberikan keamanan optimal bagi presiden dan wakilnya

Meski begitu, layaknya kendaraan pimpinan negara, mobil khusus racikan produsen asal Jerman itu sudah pasti dilengkapi dengan spesifikasi di atas standar pemakaian umum atau versi produksi massal.

Tahan dari berbagai serangan

Sekilas penampilannya memang tak beda jauh dari S Class pada umumnya, tapi S600 Guard ini sudah dirancang sedemikian rupa agar tahan terhadap segala serangan, sehingga membuat penumpang di dalamnya lebih aman.

Sistem kelistrikan khusus, dan terdapat tabung oksigen

Jangankan terjangan dari senjata api, granat bahkan bom pun bisa ditahan oleh mobil berdesain elegan tersebut. Sebab, dari atap sampai kolong mobil ini semuanya sudah diberi lapisan khusus, yang memiliki setifikat ERV 2010 (Kendaraan tahan ledakan). Sehingga mobil akan tetap bergerak, selama hingga setelah serangan, dan mampu keluar dari zona bahaya.

Baca Juga: Sering Rusak Saat Dipakai Dinas, Mobil Presiden Akan Diganti

Bila akhirnya mobil presiden sampai terbakar pun, Mercedes-Benz telah membekali S600 Guard dengan tangki pemadam api khusus, yang disimpan di bagasi. Fitur ini mirip dengan yang ada pada pesawat kepresidenan Amerika Serikat, Air Force One.

Untuk mobil kepresidenan RI, rasanya tiang bendera akan diletakkan di tengah

Urusan mesin, S600 Guard dilengkapi mesin V12 turbocharge, dengan berkapasitas 6.000 cc. Dapur pacu tersebut sanggup memuntahkan tenaga hingga 530 dk dan torsi 830 Nm.

Alat pemadam kebakaran

Tenaga tersebut diluncurkan ke roda melalui transmisi otomatis 7G-TRONIC. Untuk kecepatan maksimal, dapat mencapai 160 kpj yang dibatasi secara elektrik.