Toyota Crown 2.5 HV G-Executive, Mobil Dinas Baru Untuk Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive, Mobil Dinas Baru Untuk Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf Toyota Crown 2.5 HV G-Executive (Foto: Toyota)

KabarOto.com - Pemberitaan terkait kendaraan dinas VVIP Kepresidanan dan para menteri Jokowi-Ma'ruf akan diganti, ramai dibicarakan. Hal ini sudah mendapat klarifikasi dari Asisten Deputi Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto pada Kamis (22/08) kemarin.

Tidak hanya mobil Menteri saja, kendaraan dinas VVIP Kepresidanan meliputi pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden, mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun.

"Sebagian besar saat ini kondisinya sering mengalami kerusakan dan tidak efisien, serta tidak layak untuk dipergunakan bagi pejabat negara," jelasnya.

Baca Juga: Sering Rusak Saat Dipakai Dinas, Mobil Presiden Akan Diganti

Toyota Crown 2,5 HV G-Executive akan digunakan sebagai pengganti Toyota Crown Royal Saloon yang kini sudah berumur. Mobil ini termasuk sebagai kendaraan ramah lingkungan, terlihat dari kepanjangan HV pada namanya yang berarti Hybrid Vehicle.

Di Jepang, sedan mewah ini memiliki 3 pilihan kapasitas mesin. Nah, mobil yang akan digunakan oleh Menteri dan jajarannya adalah Toyota Crown berbekal mesin 4 silinder hybrid berkapasitas 2.500 cc, mampu menyemburkan tenaga sebesar 226 dk dan torsi gabungan 521 Nm.

Baca Juga: Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, Mobil Kepresidenan Jokowi Warisan Dari SBY

Sejak kelahirannya pada 1955, mobil dengan logo mahkota ini didaulat sebagai sedan mewah keluaran Toyota. Di Jepang, generasi terbaru sudah dijual sejak Juli 2018 lalu. Toyota Crown memiliki panjang 4.910 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.455 mm. Sementara jarak sumbu rodanya 2.920 mm.

Melihat visualnya, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive ini memiliki desain yang mewah. Dengan bagian depan di dominasi gril berukuran lebih besar, tentu tetap dengan logo mahkotanya.

Bagian head lamp lebih tajam karena ukurannya lebih kecil, dipertegas dengan LED pada baris atasnya. Bodi Toyota Crown 2.5 HV G-Executive memiliki lebih banyak lekukan, seperti pada kap depan dan bagian samping. Sementara Royal Saloon lebih terlihat polos.

Interior Toyota Crown 2.5 HV G-Executive (Foto: Youtube/AutoShow)

Baca Juga: Presiden Jokowi Riding Pakai Motor Custom Kawasaki W175 Di Tangerang

Tidak kalah menambah keren dan mewah, pelek five-spoke yang digunakan Toyota Crown 2.5 G-Executive cukup mengubah penampakan luarnya.

Interiornya dilapisi dengan kulit dan beludru, terdapat dua layar sentuh yang menampilkan kebutuhan berbeda. Layar yang berdiri di dasbor bisa digunakan untuk map, sementara di bawahnya menampilkan pengaturan AC, dilengkapi dengan tombil pengaturan lainnya.

Instrumen dasbor Toyota Crown 2.5 HV G-Executive (Foto: Youtube/AutoShow)

Selain dibalut dengan desain eksterior maupun interior yang mewah, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive ini dilengkapi dengan teknologi Data Communication Module (DCM).

Teknologi tersebut mampu membuat 'hubungan' pengguna dengan mobilnya menjadi lebih personal, fokus, dan intens. Misalnya terkait perawatan seperti servis berkala, DCM akan telah memiliki data seperti tanggal dan waktu. Jika sudah waktunya servis, DCM akan mengingatkan dan memberikan interval waktu ke pengguna.

Konsol tengah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive (Foto: Youtube/AutoShow)

Selain itu, DCM punya sistem yang mendukung operasi penyelamatan saat bencana. Karena asal mereka dari Jepang yang notabene sering terjadi gempa bumi, sedan mewah ini dianggap aman dengan adanya Passable Route Map. Masih terhubung dengan DCM, sistem akan secara berkala memperbarui rute yang digunakan pengguna.

Baca Juga: Diam-diam Donald Trump Gunakan Mobil Kepresidenan Baru, Ini Dia Sosoknya!

Sehingga, ketika pengguna melalui sebuah jalan sistem dapat memprediksi kondisi jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan. Toyota Crown juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense 2.0 yang dapat memberi keamanan pada penggunanya.

Toyota Safety Sense 2.0 meliputi Lane Tracing Assist (LTA), Radar Cruise Control , Pre-Collision System with Pedestrian Detection (PCS), Automatic High Beam (AHB), dan Road Sign Assist (RSA).