POPULAR STORIES

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, Mobil Kepresidenan Jokowi Warisan Dari SBY

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, Mobil Kepresidenan Jokowi Warisan dari SBY Foto: Merahputih.com istimewa

KabarOto.com - Pemilu Presiden 2019 akhirnya selesai, hiruk pikuk yang masih terjadi pun diharapkan segera berakhir. Pasalnya paslon 1 yaitu Joko Widodo - Ma'ruf Amin berhasil memenangkan perolehan suara yang dihitung oleh pihak KPU (Komisi Pemilihan Umum).

Mengingat Presiden Joko Widodo memenangkan kembali pemilihan kali ini, artinya mobil kepresidenan masih terus digunakan. Sebenarnya mobil yang selama ini digunakan bisa diganti, pasalnya Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dengan kode bodi W221 ini, sudah digunakan sejak periode ke-2 Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai Presiden 2009 lalu.

Foto: Topcarspecs

Baca Juga: Mercedes-Benz Rilis Program National Service Week Jelang Lebaran 2019

Nyatanya Mercedes-Benz S600 Pullman Guard ini memiliki segudang kelebihan, termasuk pada keamanan dan kenyamanan yang diberikan untuk penumpangnya. Dengan lapisan anti-splitering polycarbonate bodi yang tebal, mobil ini didesain antipeluru loh, kelebihan ini menjadi nilai plus karena yang menggunakan sehari-hari adalah orang nomor 1 di Indonesia.

Mobil dengan pelat RI 1 ini memiliki panjang 5.079 mm, jika dibandingkan dengan S-Class Maybach mobil ini memiliki ukuran yang kurang lebih sama. Sedangkan lebarnya 1.872 mm, dan tinggi 1.473 mm. Mobil sedan 4 pintu ini memiliki ukuran kabin yang lega sehingga membuat penumpangnya nyaman dan leluasa.

Foto: Topcarspecs

Tidak ada yang spesial dari dimensi S600 Pullman Guard yang memiliki jarak sumbu roda yang sepanjang, 3.035 mm. Selayaknya jenis mobil sedan pada umumnya, mobil ini didesain untuk mengangkut empat orang, dua di bagian depan dan dua di kursi belakang yang dibuat mirip kursi eksekutif.

Selayaknya mobil mewah pada umumnya, interior Mercedes-Benz Pullman Guard milik Presiden Jokowi juga didominasi bahan premium seperti kulit. Bahkan tidak hanya kursinya saja yang dilapisi kulit, trim pada bagian pintu dan konsol tengah di bagian tempat duduk pun turut dilapisi bahan kulit.

Foto: Topcarspecs

Baca Juga: Profil – Mercedes Benz B200 Progressive Line

Ditambah aksen kayu pada beberapa bagian, sehingga terlihat cukup kontras jika dibandingkan dengan kulit di sekelilingnya. Bahkan kombinasi ini makin menampilkan sisi kemewahan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard.

Masih pada bagian jok, Mercedes-Benz memberikan fitur pengaturan suhu pada kursinya. Sehingga pengguna dapat mengatur apabila ingin hangat atau dingin. Ada fitur memory seat, yang bisa mendeteksi pengaturan ukuran jok yang disesuaikan dengan penggunanya.

S600 Pullman Guard sudah dilengkapi sunroof panoramic, tombol kontrolnya berada di dekat kaca spion interior. Setirnya pun dilengkapi berbagai tombol kontrol untuk tampilan cluster, volume serta kontrol telepon. Berfungsi juga untuk sistem kontrol suara Linguatronic opsional.

Baca Juga: Ini Daftar Harga Model Mercedes-AMG

Mobil ini yang digunakan oleh Presiden Jokowi selama 5 tahun terakhir, pada dasbornya terdapat dua instrumen cluster. Satu untuk sistem comand berbasis hard disk yang mencakup layar navigasi, dan satu lagi menampilkan spidometer, serta dapat menampilkan berbagai informasi tambahan.

Turun ke bagian bawahnya terdapat ventilasi AC yang dibingkai perak. Pada bagian tengahnya diisi dengan jam analog persegi. Sedangkan dibawah ventilasi terdapat satu baris tab hitam dengan berbagai fungsi. Nah, untuk mengatur tab tersebut bisa melalui sistem Command loh.

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dengan berat 5.080 kg ini, dilengkapi dengan mesin biturbo V12 berkapasitas 5.513 cc, mampu mengeluarkan tenaga sebesar 517 dk. Torsi maksimumnya 830 Nm pada torsi 1.800 - 3.500 rpm. Mobil ini dapat melaju hingga 210 kpj loh.