Hati-hati, Ini Penyebab Mobil Terbakar

Hati-hati, Ini Penyebab Mobil Terbakar Foto: TMC Polda Metro Jaya

KabarOto.com - Tak jarang kecelakaan mobil yang ditemukan adalah kendaraan terbakar. Bahkan ini bisa terjadi saat kendaraan sedang dalam posisi jalan maupun parkir. Salah satu penyebabnya yaitu di daerah kelistrikan terjadi arus pendek, tapi tak dipungkiri berasal dari benda lainnya.

Mencegah terjadinya peristiwa semacam itu, Riecky Patrayudha selaku Service Director PT Suzuki Indomobil Sales 4W, 2W, & Marine memberikan beberapa tips, antara lain:

1. Ada barang di ruang mesin kendaraan
Biasanya kap mesin akan dibuka saat ada masalah atau akan dibersihkan. Tak datang dengan tangan kosong, pastikan barang yang dibawa atau digunakan tidak tertinggal disana. Pasalnya, apabila ada sesuatu yang tertinggal bisa memicu timbulnya kebakaran.

Baca Juga: Cuci Mesin Mobil Jangan Sembarangan, Ikuti Langkah Berikut

2. Tutup oli tidak rapat
Setelah mengecek atau melakukan perawatan mesin seperti mengganti oli, pastikan tutup dengan rapat. Apabila tutup oli tidak rapat ada kemungkinan menimbulkan cipratan oli keluar saat mesin dihidupkan. Nah, kalau oli menetes ke knalpot yang panas, bisa mengubah percikan oli tersebut jadi api.

3. Instalasi aksesori kelistrikan tambahan
Saat Sobat KabarOto ingin memasang aksesori kelistrikan, dianjurkan untuk menggunakan sekring pengaman. Hal ini penting, karena aksesori kelistrikan yang dipasang tanpa sekring bisa berpotensi meleleh dan membuat mobil terbakar.

Baca Juga: Kenali Dulu Jenis Lampu Bohlam Sebelum Ganti

Pemasangan sekring juga harus diperhatikan, apabila terpasang namun jauh dari sumber listrik maka bisa mengakibatkan panas berlebih dan menimbulkan api. Jangan sampai terminal konektornya longgar ya!

4. Headlamp dan foglamp daya watt tinggi
Tak jarang pengguna ingin mengganti lampu mobil dengan warna lain atau lebih terang. Perlu diperhatikan, dianjurkan tidak mengganti bohlam headlamp maupun foglam dengan watt lebih besar.

Kapasitas watt yang lebi besar bisa menyebabkan baterai atau aki terkuras, hal ini memberi potensi lampu menjadi panas dan bisa mengakibatkan kebakaran.

Baca Juga: Ini Lho Bedanya MPV, SUV, Dan Crossover

5. Dekat dengan benda yang mudah terbakar
Saat mesin hidup sebaiknya menghindari benda yang mudah terbakar. Riecky mencontohkan seperti ranting, sampah, kertas, dan plastik. Pasalnya, apabila benda tersebut sampai menempel di knalpot bisa terbakar tiba-tiba.

6. Powerbank yang masih terpasang di soket
Kalau Sobat KabarOto melakukan pengisian daya powerbank di mobil, jangan tinggalkan saat mobil akan ditinggal, apalagi dalam waktu lama. Mengisi daya dan masih terpasang di soket bisa menyebabkan konslet pada baterai dan bisa meledak.

7. Korek api di dalam kendaraan
Hati-hati Sob, kalau kamu sering membawa korek api. Jangan tinggalkan benda ini di dalam mobil. Apabila korek api di diamkan dalam suhu mobil yang panas atau terjadi guncangan, pemantik ini jadi mudah meledak.