Hati-hati, Segini Kecepatan Maksimal Saat Musim Hujan

Hati-hati, Segini Kecepatan Maksimal Saat Musim Hujan

KabarOto.com – Musim hujan menuntut kita sebagai pengendara mobil untuk lebih berhati-hati. Kondisi jalanan basah tidak bisa kita samakan dengan kondisi jalanan kering, genangan air bisa saja mengakibatkan mobil kehilangan daya cengkram.

Oleh karena itu kita harus menjaga kecepatan maksimal saat berkendara di kondisi jalanan basah. Rifat Sungkar selaku pemilik Rifat Drive Labs pun memberikan tips kecepatan maksimal di musim hujan.

Baca juga: Begini Cara Sikapi Ban Selip Ketika Hujan

“Kondisi jalanan hujan minimal 30 kpj, sementara kecepatan maksimum kalau hujan deras itu paling aman di 50 sampai 60 kpj,” ujar Rifat.

Mengemudi saat turun hujan juga membuat cengkraman ban terhadap permukaan aspal berkurang. Sebisa mungkin hindari pergerakan tiba-tiba, dan hindari pengereman keras (hard braking) agar mobil tidak tergelincir dan hilang kontrol. Kemudian, jaga akselerasi kendaraan, jangan berakselerasi secara spontan agar roda tidak selip.

Baca Juga : Mengenal Berbagai Tipe Suspensi Motor Dan Cara Merawatnya

“Perhatikan juga permukaan jalan yang ada genangan air, meskipun hanya 1 cm itu tetap bisa menyebabkan kecelakaan. Karena ban bisa melayang saat melintasinya dan bisa terjadi oversteer. Bila perlu sejajarkan atau ikuti laju mobil di depan, tujuannya untuk mengurangi genangan air yang ada di jalan,” jelasnya.