POPULAR STORIES

Helm Alpinestars Supertech R10 Debut Di Tes Pramusim MotoGP 2023

Helm Alpinestars Supertech R10 Debut di Tes Pramusim MotoGP 2023 Alpinestar Supertech R10 di jajal oleh Jorge Martin (foto : Alpinestars)

KabarOto.com – Spesialis apparel motor asal Italia yaitu Alpinestars. Baru-baru ini melakukan uji coba helm barunya, Alpinestars Supertech R10 di sesi tes pramusim MotoGP Sepang 2023.

Sebelumnya, pihak pabrikan juga tengah mengembangkan dan merilis helm motocross Supertech M10. Pengembangan juga dilakukan untuk balapn sirkuit. Pada sesi tes pramusim MotoGP Sepang 2023 lalu, beberapa pembalap menjajal helm anyar ini seperti Jorge Martin (Pramac Racing) dan Jack Miller (Red Bull KTM).

Baca juga: Repsol Honda Luncurkan Livery Klasik Hadapi MotoGP 2023

Jack Miller turut menjajal Alpinestar Supertech R10

Agar bekerja dengan baik, helm ini tentu harus melindungi dan membuat nyaman para pembalap. Selain itu, soal aerodinamika dan performa drag yang optimal telah dikemas menjadi satu di Supertech R10.

Pada bagain cangkang, Supertech R10 ini dibekali kontruksi beberapa lapisan komposit dan karbon serta lapisan serat aramid. Menurut pihak Alpinestars, kombinasi ini membantu meningkatkan kekuatan, efisiensi, dan meredam benturan saat terjadi kecelakaan.

Dibalik lapisan cangkang yang cukup tebal itu, pada bagian interior dibekali busa EPS yang berbeda untuk meredam energi benturan. Pihak pabrikan juga menggunakan A-Head Fitment System, sehingga dapat menyesuaikan tinggi, sudut, kenyamanan, dan performa untuk para pengendara.

Baca juga: Francesco Bagnaia Keluhkan Handling Desmosedici GP23 Usai Tes Pramusim MotoGP Sepang

Jorge Martin kagung dengan performa helm baru dari Alpinestars

Selain itu, ada kunci utama lainnya pada Supertech R10 ini yaitu spoiler dengan sistem pelepas. Jadi, spoiler ini otomatis akan terlepas jika pembalap/pengendara mengalami kecelakaan. Sehingga tidak menggangu kemampuan helm untuk melindungi kepala saat terjadi benturan. Adapun, banyaknya ventilasi membuat interior helm tetap dingin. Berikut respon Jorge Martin usai menjajal Alpinestars Supertech R10.

“Saya sangat senang berada di keluarga Alpinestars. Saya sangat suka bagaimana helm itu bekerja, helm ini sangat pas di kepala saya dan sangat nyaman. Saya melakukan tes hingga kecepatan 340 kpj dan bekerja sempurna, sangat stabil. Jadi, saya senang dan berharap bisa terus melakukan kerja sama dengan Alpinestar dalam masa yang akan datang,” ungkap Jorge Martin.