Hemat Bahan Bakar, Begini Cara Aplikasikan Teknik Eco Driving

Hemat Bahan Bakar, Begini Cara Aplikasikan Teknik Eco Driving

KabarOto.com - Teknik berkendara ada banyak macamnya, Sob. Mungkin Sobat KabarOto sudah tidak asing dengan teknik safety driving atau defensive driving. Ternyata ada teknik berkendara yang disebut Eco Driving.

Dalam kesempatan acara Ngobrol Asik yang diselenggarakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sony Susmana selaku Senior Instructor dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menjadi pembicara. Di acara ini membahas tentang teknik Eco Driving.

Baca Juga: Ingin Selamat Di Jalan? Ini Tips Berkendara Dari Astra Honda Motor

Eco Driving merupakan kombinasi teknik berkendara aman dan waspada. Manfaatnya banyak, yang paling utama adalah hemat bahan bakar. Jadi, selain aman dan nyaman, para pemilik kendaraan bisa lebih hemat untuk pengeluaran bulanan.

Mengaplikasikan teknik Eco Driving ada beberapa cara yang harus dilakukan, seperti merencanakan rute perjalanan sesuai kebutuhan. Memanaskan mesin 1 menit saja, berkendara sehalus mungkin, serta menjaga kecepatan konstan sekitar 60-80 kpj dan putaran mesin di 2.000 rpm.

Jangan lupa untuk jaga jarak dengan kendaraan lain serta gunakan engine brake untuk deselerasi. Selain itu, atur juga suhu AC di kabin. Kalau Sobat KabarOto suka berdiam di mobil untuk menunggu lebih dari 5 menit, sebaiknya matikan mesin dan buka jendela saja.

Baca Juga: Lelah Ketika Berkendara? Mungkin Terserang Auto Behavior System, Ini Tipsnya

Perawatan berkala dan mengisi bahan bakar sesuai rekomendasi juga penting, Sob. Di beberapa kendaraan juga sudah dilengkapi indikator Eco Driving, seperti di Daihatsu ada di Daihatsu Terios, Xenia, Sirion, Sigra dan Ayla.

"Kami harap bisa menerapkan teknik Eco Driving sehari-hari sehingga lebih hemat bahan bakar dan tetap ramah lingkungan. Juga bisa menabung untuk keperluan lainnya di tengah pandemi seperti ini," ujar Elvina Afny, Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT ADM.