POPULAR STORIES

High Mount Stop Lamp Pada Mobil Punya 5 Fungsi, Apa Saja?

High Mount Stop Lamp pada Mobil Punya 5 Fungsi, Apa Saja? All New Toyota Yaris Cross memiliki High Mount Stop Lamp. (Foto: KabnarOto)

KabarOto.com - High Mount Stop Lamp atau Third Brake Lamp, biasa dikenal sebagai lampu rem tambahan adalah salah satu bagian untuk menunjang segi keselamatan pada mobil, yang berfungsi penting bagi pengendara.

Lampu ini memberikan tanda bagi pengendara lain yang berada di belakang mobil saat melakukan pengereman. High Mount Stop Lamp biasanya terletak pada bagian belakang sisi atas mobil yang berdekatan dengan kaca belakang, maupun tergabung dengan bagian spoiler.

Lalu apa fungsi dari High Mount Stop Lamp atau lampu rem tambahan ini berikut penjelasannya.

Fungsi dari High Mount Stop Lamp

Fungsi High Mount Stop Lamp pada Mobil
Toyota RAV4 GR Sport memiliki High Mount Stop Lamp pada bagian Spoiler atap belakang. (Foto: KabarOto)

  • Mobil Terlihat Jelas Saat di Kejauhan

Bagian belakang mobil menjadi lebih terlihat jelas dengan High Mount Stop Lamp, mobil terlihat lebih jelas dengan penanda lampu dari kejauhan dibandingkan dengan mobil yang hanya memiliki lampu rem belakang standar.

Ini disebabkan oleh penempatan lampu rem tambahan yang ditempatkan lebih tinggi daripada lampu belakang mobil. Sehingga, tidak hanya pengendara yang berada di belakang mobil tersebut yang dapat melihat lampu rem tambahan, tetapi juga dua sampai tiga mobil di belakangnya.

  • Bermanfaat Ketika Lalu Lintas Macet

Fungsi kedua dari High Mount Stop Lamp adalah sebagai alat komunikasi tidak langsung antara pengemudi yang satu dengan yang lainnya ketika lalu lintas padat.

Baca Juga: Konversi Lampu Standar ke LED, Cermati Tips Simpel Ini

Adanya lampu rem, bakal bikin Sobat bisa mengamati situasi dan kondisi lalu lintas. Jika lampu rem mobil di depan menyala, itu menandakan pengemudi sedang melakukan pengereman, sehingga Sobat dan pengemudi lain di belakangnya juga dapat melakukan pengereman.

Berbeda halnya jika tidak memiliki HMSL, hanya satu pengemudi di belakang yang melihat, dan berpotensi membuat keadaan menjadi bising akan klakson mobil dengan maksud meminta jalan.

Fungsi High Mount Stop Lamp pada Mobil
High Mount Stop Lamp pada Honda Brio RS. (Foto: KabarOto)

  • Pengereman Mendadak akan Lebih Sigap Dihadapi Pengendara Lain

Saat mobil tersebut melakukan pengereman, ketiga lampu rem akan menyala secara bersamaan, memberikan isyarat kepada mobil di belakangnya untuk melakukan pengereman juga.

Dengan begitu, semua kendaraan di belakangnya tidak perlu melakukan pengereman secara tiba-tiba karena mereka telah diberi isyarat oleh sinar lampu rem tambahan tersebut.

Baca Juga: Lampu Hazard Hanya Boleh Digunakan dalam Kondisi Tertentu, Simak Penjelasannya

  • Mengurangi Kemungkinan Terjadinya Tabrakan dari Belakang

Salah satu jenis kecelakaan yang umum terjadi adalah tabrakan dari belakang, yang sering kali disebabkan oleh kelalaian pengemudi karena tidak memperhatikan atau kehilangan konsentrasi saat mengemudi.

Jika mobil dilengkapi dengan High Mount Stop Lamp yang dipasang di spoiler atap. Lampu rem tambahan ini dapat meningkatkan kesadaran pengemudi terhadap kondisi jalan. Ketika lampu rem ketiga tersebut menyala terang, pengemudi di belakang akan menyadari bahwa mobil di depan sedang melakukan pengereman. Dengan demikian, pengemudi di belakang akan mengurangi kecepatan kendaraannya.

  • Membuat Tampilan Mobil Lebih Estetik

Salah faktor yang membuat para pemilik kendaraan ingin memasang High Mount Stop Lamp adalah untuk membuat penampilan mobil lebih estetik. Namun Sobat tidak disarankan memodifikasi warna lampu secara berlebihan, jangan mengganti warna merah sinar lampu dengan warna yang lain.

Baca Juga: Begini Perbedaan Lampu Halogen, HID, dan LED Untuk Mobil