POPULAR STORIES

Honda Akui Jualan Motor Secara Online Meningkat Signifikan

Honda Akui Jualan Motor Secara Online Meningkat Signifikan

KabarOto.com - Pandemik Covid-19 membuat pemerintah harus mengeluarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Saat itu, banyak pelaku bisnis yang menutup semua pabrik dan juga outle-outletnya. Ini bertujuan untuk mmutus rantai penyebaran virus corona.

Saat itu, pelaku otomotif mencari cara bagaimana harus menjual produk-produk andalannya kepada konsumen. Karena, promosi dengan cara offline atau menyebar brosur atau berjualan di mall atau tempat keramaian tidak dapat dilakukan.

Baca Juga: Cara Honda Jawa Barat Jualan Motor Saat Pandemik Covid-19

Salah satunya adalah PT Astra Honda Motor (AHM). Agen pemegang Merek (APM) sepeda motor Honda ini bersama jaringan dealer di seluruh Indonesia mengadakan aktivitas penjualan secara online, baik itu melalui website ataupun sosial media.

Penjualan motor Honda

Pemesanan dan pembayaran pun dilakukan secara online. Bahkan mereka juga mengadakan program home service. Konsumen tak perlu ke bengkel untuk servis motor, hanya dengan aplikasi atau telepon, mekanik motor Honda akan datang ke rumah dengan protokol kesehatan yang ketat.

Thomas Wijaya, Direktur Marketing AHM mengatakan, dalam kondisi PSBB beberapa kegiatan digital marketing, website, channel sosial media dimaksimalkan secara optimal. "Kita tidak hanya menjual produk, tapi sosialisasi, edukasi tentang kesehatan. Bagaimana kita juga mengedukasi kesehatan dengan tema satu hati indonesia sehat," terangnya.

Pelayanan service motor Honda di rumah konsumen

kedua menurut Thomas, pelayanan jaringan. "Kita menyampaikan standar prosedur kesehatan pelayanan agar konsumen nyaman dan aman, pada saat melakukan transaksi pembelian atau bengkel nyaman," tambah Thomas.

Honda juga melakukan aktivitas comunity, bagaimana konsumen terus terjaga untuk melakukan perawatan atau aktivitas modifikasi dengan sepeda motor.

"Terkait dengan promo kita sesuaikan dengan momentum, di bulan April ada Kartini, Mei ada hari Pendidikan, promo untuk tenaga medis juga," paparnya lagi. Thomas juga menuturkan hasil analisa pihaknya denga metode survei, konsumen yang mencari produk dan program pelayanan lainnya lewat online meningkat signifikan, baik melalui sosial media dan website Honda.

Baca Juga: Bangkitkan Perekonomian, Honda Rencanakan Permudah Kepemilikan Motor

"Konsumn secara transaksi di jemput bola atau ke showroom atau aktivity kita," tambah Thomas. Digital sosial media menurut dia, menjadi pusat informasi, awarness dan mengetahui sasaran konsumen yang berminat untuk follow up penjualan.