POPULAR STORIES

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Di Bawah Naungan HRC Bikin Tim Balap Pabrikan

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP di Bawah Naungan HRC Bikin Tim Balap Pabrikan

KabarOto.com - Diperkenalkannya Honda CBR1000RR-R Fireblade SP ternyata menjadi tugas Honda Racing Corporation (HRC) untuk membangkitkan kembali tim pabrikan untuk turun di World Superbike 2020.

Di bawah komando langsung Yoshishige Nomura sebagai President HRC, mengembalikan Honda ikut di berbagai disiplin balap seperti tahun 1982. Musim WSBK 2020 ini Honda mempercayakan Alvaro Bautista dan Leon Haslam.

Baca juga: Marc Marquez "Diikat" HRC Hingga Empat Musim MotoGP



"Menjadi kebanggaan untuk melanjutkan tantangan dengan tim pabrikan di Kejuaraan Dunia Superbike andalkan motor terbaru CBR1000RR-R Fireblade SP," ujar Yoshishige.

Sementara itu Noriaki Abe, Managing Officer, Chief Officer, Motorcycle Operations of Honda Motor Co. menegaskan bahwa balap merupakan bagian dari pengembangan produk Honda. "Jadi bukan kebetulan untuk ikut lagi di Kejuaraan Dunia Superbike dengan tim pabrikan tak lama usai diluncurkannya CBR1000RR-R Fireblade SP."



Adapun CBR1000RR-R Fireblade SP dikembangkan dari data parameter yang diperoleh mesin MotoGP. Bahkan diameter dan langkah piston sama dengan Honda RC213V. Begitu juga dengan efisiensi ruang bakar dan gesekan antara metal di dalam mesin.

Disertakannya winglet pada CBR1000RR-R Fireblade SP juga berdasar dari pengembangan Honda di MotoGP. "Meskipun kita tahu akan menjadi tantangan yang berat, dikerahkannya tim pabrikan HRC dan tim satelit MIE Racing Althea Honda untuk raih hasil terbaik.



"Saya melihat semua berjalan dengan positif untuk semua di Honda dan juga tim. Ini juga menjadi tahun yang penting buat saya juga. Kita tahu tengah hadapi tantangan yang perlu kerja keras," ujar Bautista.

Sedangkan Haslam mengungkapkan usai peluncuran tim dan perkenalan motor bahwa dirinya begitu senang namun juga sangat gugup. "Karena saya ingin semua berjalan lancar dan kita tahu ada potensi untuk itu."

Sedianya HRC akan ikut di tes resmi WSBK 2020 di sirkuit Phillip Island, Australia selama dua hari pada hari Senin dan Selasa pekan ini (24-25/2).